Penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembinaan remaja terlantar (studi kasus pada unit pelayanan teknis pelayanan teknis pelayanan sosial remaja terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Kota Blitar) / Widya Widowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembinaan remaja terlantar (studi kasus pada unit pelayanan teknis pelayanan teknis pelayanan sosial remaja terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Kota Blitar) / Widya Widowati

Widowati, Widya (2012) Penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembinaan remaja terlantar (studi kasus pada unit pelayanan teknis pelayanan teknis pelayanan sosial remaja terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Kota Blitar) / Widya Widowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Penerapan Prinsip Andragogi Pembinaan Remaja Terlantar UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Dinas Sosial Provinsi jawa Timur yang berada di Blitar merupakan salah satu UPT yang mempunyai program pembinaan yang berbentuk pelatihan keterampilan mental fisik dan rohani. Alasan dilakukannya penelitian pada UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur adalah peneliti ingin mengetahui secara jelas tentang penerapan prinsip andragogi yang dilaksanakan di UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Peneliti ingin mengetahui mengapa klien merasa tidak nyaman dengan kegiatan pembinaan di UPT Pelayanan Remaja Terlantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan peneliti ingin mengetahui pemahaman tutor tentang prinsip andragogi dan penerapannya didalam kegiatan pembinaan serta hambatan yang terjadi didalam kegiatan pembinaan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah (1) angket digunakan untuk mengukur pemahaman pembina tentang prinsip andragogi dalam kegiatan pembinaan (2) observasi untuk mengetahui tentang proses penerapan andragogi dalam kegiatan pembinaan remaja terlantar (3) wawancara yang digunakan untuk menggali informasi tentang hal-hal yang menjadi kendala dalam kegiatan pembinaan dan (4) studi dokumentasi untuk memperoleh data tentang nama nama pembina instruktur pembina klien serta untuk memperoleh data tentang jadwal dan materi yang digunakan dalam kegiatan pembinaan dan untuk menggali data berupa catatan catatan yang diperoleh dari pembina. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui pemahaman pembina terhadap prinsip-prinsip andragogi. Hasil penelitian mengatakan bahwa pemahaman pembina terhadap prinsip prinsip andragogi adalah sangat memahami prinsip andragogi namun masih kurang dalam penerapannya. Terjadi kendala kendala dalam penerapan prinsip andragogi yaitu tentang keterbatasan bahan ajar kurangnya pemanfaatan media elektronik dalam kegiatan pembelajaran pembina masih menggunakan metode ceramah dalam pelaksanaan pembelajaran kurangnya motivasi yang diberikan oleh pembina kepada klien metode pembelajaran yang digunakan pembina terhadap klien kurang variatif yang mengakibatkan klien cepat bosan dengan pembelajaran sikap pembina terhadap klien yang kurang ramah dan kurang menciptakan suasana yang kondusif. Selain itu pembina juga seringkali i tidak bersikap ramah terhadap klien yang menimbulkan suasana yang kondusif menimbulkan suasana kaku dalam pembelajaran. Penelitian ini mengajukan saran sebagai berikut (1) Pembina dan instruktur supaya dapat mengoptimalkan penggunaan media eletronikk dalam pelaksanaan pembelajaran (2) Pembina dan instruktur supaya menggunakan metode pembelajaran yang variatif agar klien tidak cepat merasa bosan (3) Pembina supaya menggunakan metode belajar yang dapat menumbuhkan semangat motivasi dan minat belajar pada diri klien. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk melakukan penelitian tentang prinsip prinsip andragogi namun pada lokasi penelitian yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item