Studi tentang waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP negeri 19 Malang / Khoirul Insani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP negeri 19 Malang / Khoirul Insani

Insani, Khoirul (2009) Studi tentang waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP negeri 19 Malang / Khoirul Insani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Insani Khoirul. 2009. Studi Tentang Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. E. Winarno M. Pd. (2) Dra. Desiana Merawati M. S. Kata kunci Pembelajaran Pelaksanaan Waktu Belajar Pendidikan Jasmani. Waktu belajar merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tingkat keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) suatu mata pelajaran. Pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pengajaran dilihat dari waktu belajar akademis pendidikan jasmani. Dalam kegiatan pengajaran pendidikan jasmani penilaian dilakukan terhadap beberapa variabel yaitu kegiatan awal sebelum pembelajaran pendahuluan latihan inti dan penutup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani dilihat dari kegiatan awal sebelum pembelajaran pendahuluan latian inti dan penutup. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah guru sudah melaksanakan waktu belajar pendidikan jasmani yang sudah direncanakan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel kriteria berdasarkan waktu belajar akademis pendidikan jasmani. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data berupa panduan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani yang ada di SMP Negeri 19 Malang yang berjumlah 2 guru pendidikan jasmani. Diperoleh reliabilitas adalah 0 986 dan objektivitas adalah 0 999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani oleh guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 19 Malang tergolong masih kurang maksimal kegiatan awal pembelajaran 58 3% guru yang menyiapkan perangkat pembelajaran pada pelaksanaan kegiatan pada tahap pendahuluan 22 67 menit (283 37%) tahap latihan inti 28 33 menit (42 92%) dan tahap penutup 4 85 menit (80 83%). Secara keseluruhan pelaksanaan waktu pembelajaran pendidikan jasmani 56 43 menit atau 70 53%. Saran-saran dari hasil penelitian adalah sebagai berikut ditinjau dari setiap variabel pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 19 Malang kurang efektif. Diharapkan semua guru menyusun perangkat pembelajaran pendahuluan yang dilakukan masih terlalu lama sebaiknya dipersingkat agar waktu dapat difokuskan pada tahap inti. Guru diharapkan melibatkan siswa dalam memilih materi yang akan diajarkan dalam satu semester atau satu tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49409

Actions (login required)

View Item View Item