Penyelenggaraan pembelajaran kesetaraan paket C bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang / Prames Meri Anggun Kiswana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan pembelajaran kesetaraan paket C bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang / Prames Meri Anggun Kiswana Putri

Putri, Prames Meri Anggun Kiswana (2012) Penyelenggaraan pembelajaran kesetaraan paket C bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang / Prames Meri Anggun Kiswana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengelolaan Pembelajaran Paket C Dalam meningkatkan pembangunan bangsa pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang sangat berperan aktif. Pendidikan merupakan hak yang harus diperoleh setiap warga negara agar tujuan pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terealisasikan. Pendidikan yang diselenggarakan pemerintah harus menyentuh lapisan masyarakat. Program kesetaraan Paket C setara SMA merupakan program pendidikan bagi para warga belajar dengan kategori putus sekolah (tidak melanjutkan SMA) atau tidak naik kelas. Di Lembaga Permasyarakatan merupakan salah satu penyelenggara program pembelajaran kesetaraan Paket C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang pengelolaan program Paket C meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program serta upaya yang dilakukan lembaga pemasyarakatan mengatasi hambatan dalam program pembelajaran kesetaraan Paket C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara satu informasi dengan informasi yang lain analisis berikutnya dilakukan saat penulis membuat catatan hasil temuan di lokasi penelitian. Pengecekan keabsahan data dengan penulis membanding-bandingkan data atau informasi yang diperoleh dari satu metode dengan metode lainnya dan menggunakan beberapa informan tambahan untuk mengecek kebenaran data dari informan utama. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa (1) berlangsungnya sebuah proses pembelajaran diperlukan fungsi manajemen program pendidikan yang baik dengan mendapatkan hasil memuaskan perencanaan pembelajaran Paket C program yang diselenggarakan adalah pendidikan ilmu sosial dengan tujuan membekali kemampuan akademik dan keterampilan fungsional pelaksanaan pembelajaran Paket C dilakukan setiap hari senin-sabtu kecuali hari jumat dan hari besar dan evaluasi dilakukan penilaian hasil belajar dengan cara mengadakan tes satu bulan sekali (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kesetaraan Paket C ialah kurangnya sarana dan prasarana media pembelajaran dan literatur dengan begitu warga binaan tetap memiliki niat belajar faktor pendukung pembelajaran kesetaraan Paket C yaitu para tutor lebih bersemangat dalam pembelajaran karena adanya niatan warga binaan dalam menuntaskan pembelajaran setara SMA sesuai dengan komponen pembelajaran dan mendapatkan ijazah agar kelak saat warga binaan bebas dapat melamar kerja dan (3) cara pembina mengatasi hambatan proses pembelajaran kesetaraan Paket C ialah dengan memberikan pelayanan yang sama seperti dengan program kesetaraan yang berlangsung di luar lembaga pemasyarakatan. ii Lembaga pemasyarakatan hendaknya lebih memperhatikan kondisi penyelenggaraan pembelajaran kesetaraan Paket C secara terencana. Melakukan penataan administrasi dan bagi pembina atau tutor agar melakukan pengembangan bahan dan media pembelajaran serta strategi pembelajaran yang telah digunakan. Peneliti lanjutan hendaknya menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian serupa dengan studi kasus yang berbeda sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item View Item