Tingkat partisipasi warga belajar pada pengelolaan program pendidikan luar sekolah di Lembag Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar / Wiwin Adityo Jauhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat partisipasi warga belajar pada pengelolaan program pendidikan luar sekolah di Lembag Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar / Wiwin Adityo Jauhari

Jauhari, Wiwin Adityo (2012) Tingkat partisipasi warga belajar pada pengelolaan program pendidikan luar sekolah di Lembag Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar / Wiwin Adityo Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci partisipasi pengelolaan program pendidikan luar sekolah Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas sumber daya manusia karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Program pendidikan yang diselenggarakan Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II.A Blitar merupakan salah satu bentuk Pendidikan Luar Sekolah yang bertujuan untuk mendidikan warga binaan agar memiliki keterampilan sebagai bekal dimasa depan mereka. Dalam upaya menyelenggarakan program diatas diperlukannya partisipasi aktif dari warga belajar dalam mencapai tujuan yang diinginkan karena warga belajar merupakan salah satu unsur yang menentukan keberhasilan suatu program. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan mengenai Tingkat Partisipasi Warga Belajar pada Pengelolaan Program Pendidikan Luar Sekolah di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan tingkat partisipasi warga belajar pada penglolaan program pendidikan luar sekolah yang meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan angket yang berisi 16 pertanyaan. Pertanyaan pada angket tersebut diberikan kepada 33 orang warga belajar pelatihan sebagai sampel dari populasi yang berjumlah 66 orang. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama masih kurangnya partisipasi warga belajar pada semua tahapan perencanaan meliputi masih kurangnya partisipasi warga belajar pada saat perumusan tujuan sedangkan pada tingkat pemilihan program sesuai bakat minat menentukan waktu pelaksanaan program menentukan metode pembelajaran merancang penggunaan metode merancang penggunaan media dan merumuskan rencana evaluasi warga belajar dikatakan partisipatif. Kedua masih kurangnya partisipasi warga belajar pada semua tahapan pelaksanaan program yang meliputi kurangnya partisispasi warga belajar terlihat pada indikator aktivitas warga belajar dalam menciptakan media pembelajarn sendiri. Tetapi pada indikator yang lainnya menunjukkan bahwa warga belajar terbilang partisipatif. Ketiga warga belajar tergolong partisipatif pada semua tahapan ecaluasi program pendidikan luar sekolah di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas II.A Blitar. Adapun saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi warga belajar pada pengelolaan program yaitu Pertama untuk meningkatkan partisipasi warga belajar pada tahap perencanaaan program diharapkan dapat melibatkan warga belajar secara lebih aktif. Lembaga dan tutor melibatkan warga belajar dalam merumuskan tujuan waktu pembelajaran penggunaan metode penggunaan media dan perencanaaan pada tahap evaluasi. Warga belajar juga harus sadar bahwa dengan partisipasi mereka program-program pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Anak akan berjalan dengan sukses dan tujuan penyelenggaraan tercapai. Kedua untuk meningkatkan partisipasi warga belajar pada tahap pelaksanaan program diharapkan lembaga dapat membimbing warga belajar agar terlibat lebih partisipatif pada tahap pelaksanaan ini terlihat bahwa warga belajar sudah partisipatif tetapi kepartisapasifan itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Lembaga dan tutor juga hendaknya lebih banyak menyediakan sarana dan prasarana sebagai media warga belajar untuk memanfaatkan ilmu-ilmu yang diperoleh dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item