Hubungan antara persepsi warga belajar tentang tutor terhadap partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran program paket C di PKBM Mandiri Bakti / Ricca Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi warga belajar tentang tutor terhadap partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran program paket C di PKBM Mandiri Bakti / Ricca Rachmawati

Rachmawati, Ricca (2012) Hubungan antara persepsi warga belajar tentang tutor terhadap partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran program paket C di PKBM Mandiri Bakti / Ricca Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Warga Belajar Partisipasi Warga Belajar Banyaknya jumlah masyarakat yang putus sekolah pada masa sekarang ini perlu adanya suatu pengembangan layanan pendidikan terutama dalam bidang penyetaraan pendidikan sebagai upaya meningkatkan taraf pendidikan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui Pendidikan Luar Sekolah yang berkaitan dengan pendidikan kesetaraan yang sama dengan sekolah formal tingkat SMA. Program Paket C adalah jawaban sekaligus dirancang untuk memberikan pelayanan pendidikan setara SMA untuk peserta didik droup out SMA/SMK lulusan SMP yang tidak melanjutkan ke SMA karena putus sekolah atau siswa lulusan Paket B. Dari kegiatan tersebut warga belajar nantinya akan mendapatkan ijazah setara dengan sekolah formal sehingga warga belajar tidak kesulitan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya maupun untuk bekerja. Persepsi disamakan dengan pemahaman (comprehension) pengertian (understanding) wawasan (insight) pandangan atau kesan (impression) yang diperoleh melalui indera. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa persepsi sangat menentukan apa yang akan diperbuat orang. Misalnya dalam menghadapi orang lain kita cenderung memilih cara-cara yang sesuai dengan persepsi kita mengenai orang tersebut. Apabila seseorang kita persepsi sebagai orang yang mudah marah sangat boleh jadi kita akan memilih kata-kata yang lebih lembut lunak dan menyentuh sewaktu kita berusaha menjalin interkasi komunikasi dengan orang tersebut. Dan begitulah seterusnya apa yang dipersepsikan orang akan menentukan apa yang akan dilakukan orang itu. Bisa dikatakan persepsi mempengaruhi perilaku seseorang. Dan partisipasi adalah salah satu bentuk dari perilaku itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi warga belajar tentang tutor terhadap partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran Program Paket C serta mengetahui hubungan antara persepsi warga belajar terhadap tutor dan partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran Program Paket C yang akan dilaksanakan di PKBM Mandiri Bhakti. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Penelitian deskriptif untuk menggambarkan pemanfaatan persepsi warga belajar terhadap tutor dan partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran Program Paket C. Sedangkan studi korelasional digunakan untuk mengetahui adakah hubungan persepsi warga belajar terhadap tutor dan partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran Program Paket C. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner yaitu warga belajar yang menempuh pembelajaran Program Paket C di PKBM Mandiri Bhakti. Untuk analisis data tujuan 1 dan 2 digunakan deskriptif persentase sedangkan tujuan 3 digunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama persepsi warga belajar yang digambarkan secara sederhana dengan pandangan warga belajar terhadap tutor yang ditunjukkan oleh warga belajar Program Paket C di PKBM Mandiri Bhakti mayoritas menunjukkan data yang positif dan bisa dinilai dengan persepsi yang baik. Kedua partisipasi warga belajar Program Paket C PKBM Mandiri Bhakti mayoritas tinggi. Ketiga ada hubungan antara persepsi warga belajar terhadap tutor dan partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran Program Paket C di PKBM Mandiri Bhakti. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada tutor untuk meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran dan karakteristik warga belajar sehingga warga belajar dapat merasa nyaman sekaligus dapat menimbulkan persepsi yang positif dan akan berdampak positif juga pada perilakunya khususnya dalam hal partisipasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item