Partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak ( Studi Kasus Komunitas Homeschooling di Sekolah Dolan Malang) / Leily Astriningrum Maide - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak ( Studi Kasus Komunitas Homeschooling di Sekolah Dolan Malang) / Leily Astriningrum Maide

Maide, Leily Astriningrum (2012) Partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak ( Studi Kasus Komunitas Homeschooling di Sekolah Dolan Malang) / Leily Astriningrum Maide. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Partisipasi Orang Tua Kegiatan Belajar Anak Homeschooling Orang tua merupakan salah satu komponen terpenting dalam penyelenggaraan homeshooling. Penyelenggaraan homeschooling memerlukan partisipasi dan tanggung jawab yang besar dari orang tua. Partisipasi orang tua berfungsi sebagai pengganti peranan guru dalam pendidikan formal. Orang tua juga berfungsi untuk mengatur segala kegiatan belajar anak agar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Pada kenyataannya tidak semua orang tua homeschooler ikut berpartisipasi pada kegiatan belajar anak. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan penelitian mengenai partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak di homeschooling. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan alasan orang tua memilih homeschooling sebagai alternatif pendidikan bagi anaknya dan mengetahui bentuk dan kendala partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak. Untuk itu digunakan desain studi kasus. Penelitian ini menggunakan informan yang berasal dari keluarga homeschooler community visit home visit dan distance learning. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alasan orang tua memilih homeschooling sebagai alternatif pendidikan bagi anaknya adalah karena homeschooling memiliki fleksibilitas waktu dan materi pelajaran dapat memberi solusi masalah-masalah tertentu yang tidak dapat dipecahkan di sekolah dan memudahkan orang tua dalam menanamkan nilai moral kepada anak. (2) Partisipasi orang tua mencakup partisipasi pada tahap-tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan partisipasi diwujudkan ke dalam kegiatan membantu anak dalam perencanaan kegiatan belajar baik akademik maupun non akademik. Partisipasi dalam tahap pelaksanaan belajar ditunjukkan dalam bentuk pendampingan belajar bimbingan dalam pendidikan keagamaan dan moral bimbingan dalam pengembangan minat dan bakat dan bantuan penyelesaian kesulitan belajar. Partisipasi dalam tahap evaluasi belajar ditunjukkan ke dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan evaluasi belajar dan evaluasi keseluruhan kegiatan belajar komunitas homeschooling. (3) Kendala partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak adalah kurangnya disiplin waktu kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi pelajaran dan kendala teknis gangguan komunikasi lewat internet. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan hal-hal sebagai berikut. Kepada orang tua agar menambah pengetahuan tentang berbagai inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan kepada anak dan hendaknya memahami materi pembelajaran dan kesesuaiannya dengan kebutuhan anak. Kepada komunitas Sekolah ii Dolan diharap agar meningkatkan layanan pendidikan bagi anak dan orang tua serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pelatihan kepada orang tua tentang berbagai metode pembelajaran efektif yang dapat digunakan pada kegiatan belajar anak. Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah mengadakan pelatihan bagi orang tua tentang penerapan homeschooling sebagai pendidikan alternatif dan bagi peneliti dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai partisipasi orang tua pada komunitas homeschooling lain di Kota Malang dengan pendekatan kuantitatif sehingga penelitian ini lebih sempurna sebagai referensi atau rujukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item