Antusiasme warga belajar keaksaraan fungsional dalam mengikuti progam vokasional (Studi fenomenologi pada pelatihan pendidikan kecakapan hidup dipusat kegiatan belajar masyarakat mandiri bhakti kota Batu) / Fitri Marendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Antusiasme warga belajar keaksaraan fungsional dalam mengikuti progam vokasional (Studi fenomenologi pada pelatihan pendidikan kecakapan hidup dipusat kegiatan belajar masyarakat mandiri bhakti kota Batu) / Fitri Marendra

Marenda, Fitri (2012) Antusiasme warga belajar keaksaraan fungsional dalam mengikuti progam vokasional (Studi fenomenologi pada pelatihan pendidikan kecakapan hidup dipusat kegiatan belajar masyarakat mandiri bhakti kota Batu) / Fitri Marendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Antusiasme Warga Belajar Program Vokasional Pelatihan Program keaksaraan fungsional merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh PKBM Mandiri Bhakti. Warga belajar keaksaraan fungsional PKBM Mandiri Bhakti telah berada pada tingkat keaksaraan mandiri. Tindak lanjut dari program keaksaraan mandiri adalah pelatihan pendidikan kecakapan hidup yang kemudian dirangkum dalam program vokasional. Program vokasional berupa pelatihan pembuatan kerupuk jamur tiram. Dalam pelatihan pembuatan kerupuk jamur tiram warga belajar terlihat aktif dan responsif berbeda ketika mengikuti proses pembelajaran keaksaraan fungsional tingkat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai antusiasme warga belajar keaksaraan fungsional dalam mengikuti program vokasional di PKBM Mandiri Bhakti. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif fenomenologi. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan metode reduksi data yaitu analisis pernyataan-pernyataan penting dan tema-tema serta mencari semua kemungkinan makna. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah antusiasme warga belajar mengikuti program vokasional dikarenakan (1) program vokasional menjawab kebutuhan warga belajar yang bersifat ekonomis yaitu masing-masing warga belajar memperoleh pendapatan dari hasil penjualan kerupuk jamur tiram (2) program vokasional menjawab kebutuhan warga belajar yang bersifat nonekonomis yaitu warga belajar dapat mengembangkan rasa semangat rasa kompak rasa kekeluargaan memperluas pertemanan berhubungan sosial dengan masyarakat lain memperoleh kepuasan batin serta meningkatkan percaya diri. Hasil temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bukti dalam memperkuat atau mendukung terkait dengan teori belajar orang dewasa yang memiliki orientasi belajar yang berpusat pada pemecahan permasalahan yang dihadapi. Selain itu hasil penelitian juga berkaitan dengan teori hirarki kebutuhan Maslow yang menyatakan bahwa bila kebutuhan pada tahap pertama yaitu kebutuhan fisiologis belum terpuaskan maka seseorang tidak akan bisa menuju pada tahap berikutnya. Hasil temuan juga berkaitan dengan teori dinamika kelompok yang mana dalam berkelompok memiliki tujuan membangkitkan kepekaan diri seorang terhadap anggota kelompok lain sehingga dapat menimbulkan rasa saling menghargai menimbulkan rasa solidaritas anggota sehingga dapat saling menghormati menciptakan komunikasi yang terbuka terhadap sesama anggota kelompok menimbulkan adanya i tikad yang baik diantara sesama anggota kelompok. ii Dari hasil penelitian saran peneliti yaitu (1) temuan penelitian tentang antusiasme warga belajar mengikuti program vokasional dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa serta hendaknya program-program vokasional selanjutnya yang dilaksanakan PKBM Mandiri Bhakti sesuai dengan kebutuhan belajar agar warga belajar memperoleh manfaat seperti memperoleh keuntungan ekonomis dan nonekonomis (2) temuan penelitian juga bermanfaat bagi jurusan Pendidikan Luar Sekolah sebagai pembuat kebijakan hendaknya dalam mengembangkan kurikulum atau panduan pembelajaran program pelatihan lebih menekankan pada program-program vokasional yang berorientasi pada kebutuhan warga belajar sebagaimana yang dituangkan dalam mata kuliah pendidikan orang dewasa dan identifikasi kebutuhan sumber belajar masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item