Instruktur favorit dalam pandangan peserta kursus program speaking 1 dan grammar 1 (studi fenomenologi di institut mahesa desa Tulungrejo Kecamatan Kalipare Pare Kabupaten Kediri) / Moh. Hendy Feriskha - Repositori Universitas Negeri Malang

Instruktur favorit dalam pandangan peserta kursus program speaking 1 dan grammar 1 (studi fenomenologi di institut mahesa desa Tulungrejo Kecamatan Kalipare Pare Kabupaten Kediri) / Moh. Hendy Feriskha

Feriskha, Moh. Hendy (2012) Instruktur favorit dalam pandangan peserta kursus program speaking 1 dan grammar 1 (studi fenomenologi di institut mahesa desa Tulungrejo Kecamatan Kalipare Pare Kabupaten Kediri) / Moh. Hendy Feriskha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Instruktur Kursus Peran instruktur yang favorit sangat membantu peserta kursus dalam belajar. Tujuan pokok penelitian ini adalah mengungkap pemahaman serta makna instruktur favorit berdasarkan perspektif peserta kursus sedangkan tujuan tersebut dijabarkan kedalam dua pertanyaan penelitian yaitu (1) bagaimana karakteristik instruktur yang menjadi favorit peserta kursus di Institute Mahesa (2) apa yang menyebabkan instruktur menjadi favorit peserta kursus di Institute Mahesa Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti memperoleh data dari subyek penelitian adapun data utama adalah peserta kursus program Speaking 1 dan Grammar 1 Institute Mahesa Pare sedangkan data lembaga kursus Institute Mahesa diperoleh dari pengelola pengelola lembaga. Desain penelitian adalah penelitian kualiatatif fenomenologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal yang pokok yang pertama karakteristik instruktur favorit menurut peserta kursus yaitu (1) menarik (2) sopan (3) rapi (4) humoris (5) ramah (6) perhatian dan (7) disiplin. Kedua yang menyebabkan instruktur menjadi favorit menurut peserta kursus adalah dimilikinya kemampuan tehnikal dalam mengajar. Tehnik mengajar instruktur favorit tersebut meliputi (1) cara mengajarnya enak (2) mampu membuat suasana yang kondusif (3) menganggap peserta kursus temannya sehingga bisa lebih santai dalam belajar (4) menggunakan bahasa yang mudah dimengerti (5) mampu memotivasi peserta kursus menjadi lebih semangat dalam belajar. Dari hasil penelitian ini saran yang diajukan peneliti bagi bagi jurusan PLS penelitian ini diharapkan bisa menjadi konsep tentang pemilihan instruktur dalam program pelatihan. Bagi lembaga kursus Institute Mahesa penelitian ini dapat menjadi masukan untuk rekrutmen instruktur serta menjadi bahan pertimbangan dalam penyelenggaraan desain pelatihan bagi instruktur. Bagi instruktur hasil penelitian ini dapat menjadi bahan introspeksi dan contoh untuk menjadi instruktur yang diinginkan peserta kursus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item