Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis google classroom untuk mata pelajaran marketing kompetensi dasar menerapkan promosi produk (studi pada kelas X pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Mansur Hidayat

Hidayat, Mansur (2018) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis google classroom untuk mata pelajaran marketing kompetensi dasar menerapkan promosi produk (studi pada kelas X pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Mansur Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Google Classroom untuk Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk (Studi pada Kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Program Sudi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Mohammad Hari M. Si. Kata Kunci Media pembelajaran Mobile Learning Pemasaran Google Classroom Pengembangan Media pembelajaran mobile learning yang sesuai dengan berlakunya kurikulum 2013 dibutuhkan karena siswa dituntut untuk belajar mandiri. Namun kenyataannya guru belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran secara maksimal. Pengembangan media pembelajaran mobile learning ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan mobile learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang. (2) Menghasilkan buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mengoperasikan media pembelajaran mobile learning berbasis google classroom yang didalamnya menjelaskan panduan praktis penggunaan media pembelajaran. (3) Mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media ahli materi dan guru pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang. (4) Mengetahui persepsi peserta didik kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan milik Borg Gall kemudian dilakukan modifikasi sesuai kebutuhan peneliti yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi ahli (5) revisi produk 1. (6) uji coba lapangan (7) revisi produk 2 (8) hasil produk akhir. Validasi media pembelajaran mobile learning dilakukan oleh 2 ahli materi 2 ahli media pembelajaran dan 13 pengguna (siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi angket uji coba dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran mobile learning adalah dengan Uji Validitas. Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa digunakan indikator penilaian dalam soal latihan. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini telah selesai membuat media pembelajaran disertai dengan buku petunjuk pemakaian dan mengetahui kualitas media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dua ahli materi mencapai rata-rata sebesar 96.67%. Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 95.56% yang menyatakan media pembelajaran mobile learning berbasis google classroom sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Serta mengetahui persepsi peserta didik melalui hasil angket tanggapan siswa pada tahap uji coba lapangan menghasilkan rata-rata presentase sebesar 94.41% yang menyatakan bahwa media pembelajaran mobile learning layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49244

Actions (login required)

View Item View Item