Tanggapan mahasiswa KPL Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan tata Busana angkatan 2013 terhadap peran guru pamong / Silvy Ade Kusnia Sara - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan mahasiswa KPL Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan tata Busana angkatan 2013 terhadap peran guru pamong / Silvy Ade Kusnia Sara

Sara, Silvy Ade Kusnia (2018) Tanggapan mahasiswa KPL Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan tata Busana angkatan 2013 terhadap peran guru pamong / Silvy Ade Kusnia Sara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ade Kusnia Sara Silvy. 2018. Tanggapan Mahasiswa KPL Jurusan Teknologi Industri Angkatan 2013 Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Terhadap Peran Guru Pamong. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M.Pd Kata Kunci Tanggapan Mahasiswa KPL Peran Guru Pamong Guru pamong adalah guru yang bertanggung jawab membimbing para calon guru selama latihan-latihan praktik keguruan berlangsung. Guru pamong memiliki enam tugas pokok dalam menjalankan perannya yaitu (1) memberi informasi tentang SK dan KD serta silabus yang akan diajarkan oleh mahasiswa selama KPL (2) bersama dengan mahasiswa menyusun program kegiatan KPL (3) membimbing dan menilai perangkat pembelajaran yang disusun mahasiswa (4) membimbing dan menilai mahasiswa dalam melaksanakan praktik pembelajaran (5) mendiskusikan hasil kegiatan mengajar bersama mahasiswa untuk perbaikan dan pengayaan penampilan mengajar selanjutnya (6) mendampingi pelaksanaan praktik lesson study mahasiswa mulai dari penyusunan perangkat pembelajaran (plan) praktik pelaksanaan pembelajaran (open class/do) sampai diskusi refleksi (see). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tanggapan mahasiswa KPL jurusan teknologi industri angkatan 2013 prodi S1 pendidikan tata busana terhadap peran guru pamong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling jenuh. Populasi dan sampel yang diambil adalah keseluruhan mahasiswa angkatan 2013 yang telah melaksanakan KPL pada tahun 2016/2017. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Diperoleh hasil (1) memberikan informasi SK KD serta silabus dengan persentase 53% data responden dalam kategori sering (2) membimbing dan menilai perangkat pembelajaran dengan persentase 48% data responden dalam kategori kadang (3) bersama dengan mahasiswa menyusun program KPL dengan persentase 51 4% data responden dalam kategori sering (4) membimbing dan menilai praktik pembelajaran dengan persentase 54% data responden dalam kategori sering (5) mendiskusikan hasil kegiatan mengajar dengan persentase 51% dalam kategori sering (6) mendampingi lesson study dengan persentase 55 5% data responden dalam kategori sering. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan secara keseluruhan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa guru pamong telah menjalankan tugasnya dengan baik berdasarkan 6 tugas guru pamong terdapat salah satu peran yang perlu ditingkatkan yaitu terkait perangkat pembelajaran selain itu meskipun secara keseluruhan peran telah dikategorikan baik namun tetap perlu peningkatan mendalam terkait proses pelaksanaannya karena masih terdapat beberapa kekurangan-kekurangan. Saran terkait penelitian ini hendaknya guru pamong mampu menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan mahasiswa KPL dan hendaknya guru pamong dan mahasiswa KPL selalu mengutamakan diskusi demi kepentingan bersama maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49243

Actions (login required)

View Item View Item