Studi tentang penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembuatan kemeja berbasis kurikulum 2013 SMK Negeri 3 Malang / Kartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembuatan kemeja berbasis kurikulum 2013 SMK Negeri 3 Malang / Kartini

Kartini (2018) Studi tentang penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembuatan kemeja berbasis kurikulum 2013 SMK Negeri 3 Malang / Kartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kartini. 2017. Studi Tentang Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembuatan Kemeja Berbasis Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 3 Malang. Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Kemeja Kurikulum 2013 Kegiatan pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas XI Tata Busana yang telah dilaksanakan belum terpusat pada peserta didik (student centered) aktifitas belajar peserta didik belum maksimal sehingga pencapaian hasil belajar hanya tercapai 70%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pada materi pembuatan kemeja dengan menerapkan model pembelajaran PjBL. PjBL adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data penelitian berupa RPP kegiatan dan evaluasi pembelajaran dalam materi pembuatan kemeja pada mata pelajaran Pembuatan Busana Industri pada Kompetensi Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bisa disimpulkan sebagai berikut (1) RPP sudah disusun dan dikembangkan secara lengkap sesuai komponen-komponen RPP yang tertuang pada permendikbud nomer 22 tahun 2016 dan mencakup semua kompetensi dasar yang terdapat pada silabus Pembuatan Busana Industri dengan materi pembuatan kemeja namun belum direncanakan teknik penilaian yang sesuai dengan model pembelajaran PjBL (2) kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan sintak yang terdapat pada model pembelajaran PjBL yang sudah mencakup pendekatan saintifik dan menjadi ciri kurikulum 2013 (3) Penerapan PjBL yang dilaksanakan di kelas XI Dressmaking 2 Program Keahlian Tata Busana mampu meningkatkan keaktifan peserta didik (student centered) dalam mengorganisasi proyek mengelola waktu sumber belajar dan peralatan menjahit serta menemukan pemecahan masalah dalam menyelesaikan yugas proyek. Pencapaian hasil belajar menunjukkan 82% peserta didik berhasil mencapai KKM 8805 75. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah (1) Bagi jurusan Teknologi Industri khususnya mahasiswa Program Studi Tata Busana yang akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan perlu memahami model pembelajaran yang inovatif salah satunya PjBL (2) Guru dalam penyusunan RPP perlu memahami sintak teknik penilaian proyek kemampuan peserta didik alokasi waktu dan sarana yang tersedia untuk menerapkan model pembelajaran PjBL (3). Pihak sekolah diharapkan mampu menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran PjBL dan menyelenggarakan pelatihan tentang penilaian proyek bagi guru produktif sehingga dapat diterapkan pada proses pembelajaran sesuai model dan pendekatan pembelajaran yang dipilih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49242

Actions (login required)

View Item View Item