Tanggapan konsumen pada produk busana batik di "Sogan Batik Rejodani" Yogyakarta / Hidayatu Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan konsumen pada produk busana batik di "Sogan Batik Rejodani" Yogyakarta / Hidayatu Rohmah

Rohmah, Hidayatu (2019) Tanggapan konsumen pada produk busana batik di "Sogan Batik Rejodani" Yogyakarta / Hidayatu Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Rohmah Hidayatu. 2018. Tanggapan Konsumen pada Produk Busana Batik Di Sogan Batik Rejodani Yogyakarta. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M. Si. (II) Anik Dwiastuti ST. MT. Kata kunci tanggapan konsumen produk busana batik Sogan Batik Rejodani. Produsen batik dewasa ini mulai mengembangkan produk bukan sekedar sebagai pengrajin batik saja namun mengembangkan batik yang diproduksi menjadi produk yang lebih beragam seperti busana tas dompet sovenir dan lain-lain. Produk busana muslim yang terbuat dari batik yang diproduksi Sogan Batik Rejodani merupakan salah satu pengembangan produk. Busana muslim Sogan Batik Rejodani tersebut memiliki ciri khas desain unik dengan menerapkan patchwork. Penerapan patchwork ini memiliki konsep yang dapat menambah nilai busana karena menceritakan sejarah perkembangan islam di Indonesia dan di dunia. Berdasarkan keicikan tersebut peneliti ingin mengetahui kualitas dari empat atribut produkdiantaranya kemsan merek kualitas dan penampilan.sehingga fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan empat atribut produk busana muslim batik.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan konsumen pada produk busana muslim berbahan batik di Sogan Batik Rejodani. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 konsumen Sogan Batik Rejodani. Kriteria responden dalm penelitian ini adalah konsunen yang mengetahui produk Sogan Batik Rejodani baik yang sudah membeli atau yang akan membeli produk. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang disebarkan secara offline dan online. Responden offline terdiri dari konsumen yang secara langsung ditemui di toko. Responden online terdiri dari konsumen yang terdaftar sebagai pembeli online sehingga pengambilan sempel termasuk dalam teknik juggment sampling. Proses pengambilan data responden dimulai sejak februari 2018 sampai april 2018. viii Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tanggapan konsumen terhadap empat atribut produk yang pertama kemsan bernilai 93% menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen menyatakan sangat baik. kedua atribut merek bernilai 95% menunjukkan bahwa hampir keseluruhan konsumen menyatakan sangat baik. Ketiga kualitas produk bernilai 63% hal ini menunnjukkan bahwa sebahian besar konsumen menyatakan baik. Keempat penampilan bernilai 78% menunnjukkan bahwa hampir keseluruhan konsumen menyatakan sangat baik. Nilai tanggapan produk secara garis besar adalah 98 % dan interpretasi persentase tersebut menunjukkan bahwa tinggkat kepercayaan konsumen Sogan Batik Rejodani sangat tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan konsumen pada produk busana batik berdasarkan atribut-atribut produk menunjukkan hal yang sangat baik. Hampir seluruh konsumen menilai sangat baik setiap produk busana batik di Sogan Batik Rejodani namun masih ada sebagian kecil konsumen yang menilai tidak baik beberapa indikator dari atribut produk. Saran yang dapat disampaikan antara lain 1) Tim produksi Sogan Batik Rejodani sebaiknya menstandarisasi size gride yang di gunakan secara jelas berdasarkan standar Nasional atau Internasional untuk mengurangi kekecewaan konsumen. 2) Hendaknya penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan mengembangkan variabel-variabel yang lain. 3) Hendaknya penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan mendalami lebih dalam mengenai motif batik produk Sogan Batik Rejodani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49234

Actions (login required)

View Item View Item