Studi tentang pemanfaatan media sosial bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 pada matakuliah manajemen usaha busana industri / Novita Dwi Nuramalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pemanfaatan media sosial bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 pada matakuliah manajemen usaha busana industri / Novita Dwi Nuramalia

Nuramalia, Novita Dwi (2019) Studi tentang pemanfaatan media sosial bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 pada matakuliah manajemen usaha busana industri / Novita Dwi Nuramalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nuramalia Novita Dwi. 2018. Studi Tentang Pemanfaatan Media Sosial Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Angkatan 2014 Pada Mata Kuliah Manajemen Usaha Busana Industri. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Endah Purwaningsih M.Pd (II) Dra. Nurul Aini M. Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Media Sosial Manajemen Usaha Busana Industri Dunia pendidikan berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya teknologi pendidikan. Perkembangan teknologi pendidikan tidak terlepas dari berkembangnya media pendidikan. Komputer adalah teknologi awal yang melahirkan teknolgi yang lain. Setelah penemuan komputer internet ditemukan dan langsung menunjukkan perkembangan yang pesat yang melahirkan teknologi lainnya seperti laptop tablet dan smartphone. Seiring dengan berkembangnya smartphone media sosial mulai muncul untuk melengkapi dan mempermudah kehidupan manusia. Hampir setiap orang di jaman modern menggunakan media sosial. Perkembangan media sosial yang cepat juga mempengaruhi dunia pendidikan sebagai salah satu media pendidikan yang dipergunakan di jaman modern ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 pada mata kuliah Manajemen Usaha Busana Industri. Media sosial yang diteliti adalah Facebook WhatsApp Instagram YouTube Pinterest Blogger dan WordPress dan Tokopedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 yang berjumlah 52 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 memanfaatkan media sosial pada pembelajaran mata kuliah Manajemen Usaha Busana Industri dengan hasil sebagai berikut (1) 51 92% menyatakan sangat sering memanfaatkan WhatsApp (2) 38 46% menyatakan sangat sering memanfaatkan Instagram (3) 32 69% menyatakan sering memanfaatkan YouTube (4) 42 31% menyatakan sering memanfaatkan Pinterest. Saran yang di ajukan adalah mahasiswa hendaknya memanfaatkan media sosial dengan lebih maksimal dalam pembelajaran tidak hanya pada mata kuliah Manajemen Usaha Busana Industri namun juga pada mata kuliah lainnya. Pemanfaatan WhatsApp Instagram Pinterest dan YouTube mungkin lebih bisa dimaksimalkan lagi dengan membentuk grup atau akun khusus yang berfokus pada penjualan dan pemasaran produk dari mata kuliah Manajemen Usaha Busana Industri. Media sosial lain seperti Tokopedia Facebook Blogger dan WordPress bisa dimaksimalkan dalam pemanfaatannya terhadap mata kuliah Manajemen Usaha Busana Industri ataupun mata kuliah lainnya. Website Universitas Fakultas maupun Jurusan hendaknya lebih disederhanakan lagi dan menyediakan platform untuk mahasiswa dan dosen untuk mengunggah hasil karya maupun tugas-tugas perkuliahan dan memberikan ruang interaksi antar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49232

Actions (login required)

View Item View Item