Upaya penyesuaian diri mahasiswa dalam melaksanakan praktek industri di Noor Arfa Holding Sdn. Bhd. Malaysia / Elga Ayu Cahyaning Putri

Putri, Elga Ayu Cahyaning (2019) Upaya penyesuaian diri mahasiswa dalam melaksanakan praktek industri di Noor Arfa Holding Sdn. Bhd. Malaysia / Elga Ayu Cahyaning Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Elga Ayu Cahyaning. 2018. Upaya Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Industri di Noor Arfa Holdings Sdn. Bhd. Malaysia. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd. (II) Nurul Hidayati, S.Pd., M.Sn. Kata kunci: Upaya, Penyesuaian Diri Mahasiswa, Noor Arfa Sdn. Bhd. Malaysia Mahasiswa selama melaksanakan praktik industri di Noor Arfa Sdn. Bhd. Malaysia mengalami kesulitan dalam beradaptasi pada lingkungan karena perbedaan budaya, bahasa, dan kebiasaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya penyesuaian diri personal, sosial, dan jabatan & vokasional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan model fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan. Pertama, upaya penyesuaian diri personal yang dilakukan mahasiswa adalah mengatur waktu istirahat dengan kualitas yang cukup, mengatur pola makan yang sehat, melakukan olahraga, melakukan rekreasi, berusaha belajar mandiri dalam hal mengurus keperluan pribadi, mengendalikan tingkah laku dalam pergaulan dengan teman di perusahaan dan masyarakat sekitar, melakukan kegiatan ibadah, dan menerima fasilitas tambahan seperti tempat tinggal yang disediakan oleh perusahaan dan berusaha menyesuaikan dengan keadaan lingkungan. Kedua, upaya penyesuaian diri sosial: tetap menjaga hubungan baik dengan keluarga, mengenali dan menghormati hak orang lain, menjalin hubungan baik dengan pimpinan, karyawan, dan teman kerja, peka terhadap masalah dan kesulitan teman seangkatan, menghormati nilai dan integritas hukum, tradisi, dan adat istiadat masyarakat, dan berusaha memahami dan mempelajari bahasa. Ketiga, upaya penyesuaian diri jabatan dan vokasional: berusaha mencapai hasil kerja sesuai standar kualitas perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan praktik industri di Malaysia. Diharapkan, mahasiswa mampu membedakan dan menerima fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan, baik fasilitas yang disediakan selama pelaksanaan praktik industri maupun fasilitas tambahan seperti tempat tinggal dan mahasiswa harus mampu mencapai hasil kerja sesuai dengan standar kualitas perusahaan dan mulai menata untuk orientasi kedepannya selama di lingkungan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49228

Actions (login required)

View Item View Item