Motivasi mahasiswa memilih profesi guru pada Prodi S1 Pendidikan Tata Busana tahun 2014/2015 Universitas Negeri Malang / Cahya Aditya Fajri

Fajri, Cahya Aditya (2018) Motivasi mahasiswa memilih profesi guru pada Prodi S1 Pendidikan Tata Busana tahun 2014/2015 Universitas Negeri Malang / Cahya Aditya Fajri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fajri, Cahya Aditya. 2017. Motivasi Mahasiswa Memilih Profesi Guru Pada Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Tahun 2014/2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Idah Hadijah, M.Pd (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu. M.Si Kata Kunci: Motivasi, Profesi Guru Universitas Negeri Malang memiliki harapan pada lulusan Mahasiswa yang menempuh program sarjana pendidikan untuk menjadi seorang guru profesional, namun harapan ini kurang sesuai dengan motivasi mahasiswa yang tidak semua memiliki keinginan menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa memilih profesi guru pada Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Tahun 2014/2015 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini membahas terkait motivasi mahasiswa yang memilih profesi guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Narasumber utama pada penelitian ini terdiri dari 10 orang mahasiswa yang memilih profesi guru, narasumber kedua adalah teman baik dari narasumber utama, dan narasumber pendukung adalah orang tua dari narasumber utama. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi dan di verifikasi. Berdasarkan analisa yang dilakukan , diperoleh hasil bahwa dari berbagai aspek yang melatar belakangi mahasiswa memilih profesi guru, yaitu: (a) Motivasi Instrinsik, meliputi: kebutuhan (profesi yang terjamin) dan cita-cita (ingin menjadi guru dan mendidik generasi bangsa. (b) Motivasi ekstrinsik, meliputi: keluarga (keinginan orang tua dan melanjutkan jejak orang tua) dan lingkungan (dukungan teman sebaya). Namun kondisi ini dapat berubah bergantung kepada kebutuhan dan kondisi seseorang di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49227

Actions (login required)

View Item View Item