Pemetaan produk "Khaidar Batik" Kabupaten Lumajang berdasarkan preferensi konsumen / Dwi Rahminingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan produk "Khaidar Batik" Kabupaten Lumajang berdasarkan preferensi konsumen / Dwi Rahminingrum

Rahminingrum, Dwi (2018) Pemetaan produk "Khaidar Batik" Kabupaten Lumajang berdasarkan preferensi konsumen / Dwi Rahminingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rahminingrum Dwi. 2018. Pemetaan Produk Khaidar Batik Kabupaten Lumajang Berdasarkan Preferensi Konsumen. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Anik Dwiastuti S.T. M.T (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. Kata Kunci Khaidar Batik Pemetaan Produk Preferensi Konsumen Khaidar Batik merupakan salah satu pengrajin batik yang ada di Kabupaten Lumajang yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan pengrajin lainnya yakni dalam proses pemesanan berdasarkan (request by order). Keunggulan dari pendirian usaha Khaidar Batik yaitu memiliki motif batik yang bervariasi serta memproduksi batik baik pesanan maupun diluar pesanan sehingga konsumen merasa puas dalam memesan produk batik dan motif yang dipilih oleh konsumen atau instansi tidak memiliki kesamaan satu sama lain. Hal tersebut perlu adanya penelitian untuk memetakan produk Khaidar Batik Kabupaten Lumajang Berdasarkan Preferensi Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan produk Khaidar Batik Kabupaten Lumajang berdasarkan Preferensi Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder data yang didapat dari dokumentasi pesanan produk Khaidar Batik pada bulan Januari 2015 sampai Desember 2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis multidimensional scalling (MDS). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan hasil penelitian Pertama perpaduan antara stuktur dan motif konsumen cenderung lebih menyukai perpaduan motif utama motif pengisi dan motif flora. Kedua perpaduan antara struktur dan warna konsumen cenderung lebih menyukai perpaduan motif utama dan motif pengisi. Ketiga perpaduan antara struktur dan pengulangan konsumen cenderung lebih menyukai motif utama dan motif pengisi. Keempat perpaduan antara motif dan warna konsumen cenderung lebih menyukai motif fauna dan warna hangat. Kelima perpaduan antara motif dan pengulangan konsumen cenderung lebih menyukai teknik random dan teknik full half repeat. Keenam perpaduan antara warna dan pengulangan konsumen cenderung lebih menyukai teknik full drop repeat dan teknik full half repeat. Dari hasil penelitian ini diharapkan pengrajin Khaidar Batik agar kedepannya terus mengembangkan motif batik yang sudah ada dan selalu berinovasi untuk menciptakan motif-motif yang baru karena motif dalam suatu batik merupakan elemen yang penting dalam menghias suatu produk. Saran yang terkait dengan kesimpulan di atas (1) Bagi pengrajin Khaidar Batik diharapkan terus mengembangkan dan berinovasi pada produk batik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 6 (enam) perpaduan pada gambar peta yang tidak disukai oleh konsumen hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengrajin untuk terus mengembangkan produk batik atau tidak memproduksi batik yang tidak disukai oleh konsumen. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pemetaan produk batik berdasarkan preferensi konsumen dengan tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49225

Actions (login required)

View Item View Item