Tanggapan peserta didik pada kondisi sarana dan prasarana laboratorium keahlian busana butik di SMK Negeri 7 Malang / Kristy Briliana

Briliana, Kristy (2018) Tanggapan peserta didik pada kondisi sarana dan prasarana laboratorium keahlian busana butik di SMK Negeri 7 Malang / Kristy Briliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Briliana Kristy. 2018. Tanggapan Peserta Didik pada Kondisi Sarana dan Prasarana Laboratorium Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Idah Hadijah M.Pd. (II) Anik Dwiastuti S.T. M.T. Kata Kunci Kondisi Sarana Prasarana Laboratorium Busana SMK Negeri 7 Malang Sarana dan prasarana pendidikan merupakan material pendidikan yang sangat penting. Sebagai lembaga pendidikan sekolah memerlukan dukungan sarana dan prasarana pendidikan.Keberadaan laboratorium di SMK Negeri 7 Malang terdiri dari 3 laboratorium yaitu laboratorium 1 laboratorium 2 dan laboratorium 3 pada jurusan busana butik.Laboratorium 1 merupakan laboratorium menjahit manual yang digunakan oleh kelas X laboratorium 2 merupakan laboratorium masinal (high speed) yang digunakan oleh kelas XI dan laboratorium 3 merupakan laboratorium menjahit masinal (high speed) yang digunakan oleh kelas XII.Kondisi laboratorium busana butik masih perlu ditingkatkan sesuai dengan standar karena terdapat kendala dengan adanya sarana dan prasarana yang belum memenuhi kebutuhan siswa khususnya pada keahlian busana butik. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi sarana dan prasarana pada laboratorium busana butik di SMKN 7 Malang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan jumlah responden 92 siswa yang terdiri dari 4 kelas jurusan busana butik yaitu 2 kelas XI busana butik dan 2 kelas XII busana butik mereka adalah siswa yang telah mengikuti pembelajaran praktik di semua laboratorium busana butik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) kondisi sarana laboratorium 1 mendapatkan hasil 50 0% dan interpretasi presentase tersebut diklasifikasikan kurang baik (2) kondisi prasarana laboratorium 1 mendapatkan hasil 93 5% dan interpretasi presentase diklasifikasikan sangat baik (3) kondisi sarana laboratorium 2 mendapatkan hasil 43 5% dan interpretasi presentase tersebut diklasifikasikan kurang baik (4) kondisi prasarana laboratorium 2 mendapatkan hasil 73 9% dan interpretasi presentase diklasifikasikan baik (5) kondisi sarana laboratorium 3 mendapatkan hasil 60 8% dan interpretasi presentase tersebut diklasifikasikan baik (6) kondisi prasarana laboratorium 3 mendapatkan hasil 43 5% dan interpretasi presentase diklasifikasikan kurang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sarana dan prasarana busana butik belum memenuhi kebutuhan siswa. Saran untuk Jurusan Busana Butik SMK N 7Malang yaitu diharapkan pihak sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan standar umum pembelajaran praktikum tingkat menengah kejuruan. Serta dalam menggunakan laboratorium dapat merawat dan menjaga yang sudah ada dengan baik. Penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan mengembangkan variabel-variabel yang ada atau mengaitkan dengan variabel lain yang berhubungan dengan sarana dan prasarana laboratorium busana butik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49224

Actions (login required)

View Item View Item