Keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar pada program paket B (studi fenomenologi di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang) / Purwo Riwayadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar pada program paket B (studi fenomenologi di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang) / Purwo Riwayadi

Riwayadi, Purwo (2012) Keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar pada program paket B (studi fenomenologi di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang) / Purwo Riwayadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ketidakaktifan Kegiatan Belajar Paket B Fenomena banyaknya peserta didik Paket B di SKB Kota Malang yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan ketidakaktifan peserta didik Paket B Perintis dalam mengikuti pembelajaran meskipun mereka hadir di tempat belajar. Data utama diperoleh dari peserta didik di Program Paket B Perintis SKB Kota Malang sedangkan data tambahan diperoleh dari penyelenggara dan tutor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif sedangkan desainnya adalah fenomenologi. Fenomenologi merupakan sebuah desain penelitian yang menelaah suatu fenomena dari sudut pandang partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi alasan ketidakaktifan peserta didik Paket B Perintis dalam proses pembelajaran meskipun mereka hadir di tempat belajar adalah (1) Metode pembelajaran yang monoton yaitu karena pendidik kurang terampil dalam memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan untuk mengikuti proses pembelajaran (2) Mereka kurang memiliki motivasi dan kesadaran untuk belajar (3) Mereka tidak memiliki bahan ajar (buku paket) tetapi solusi yang diambil oleh tutor adalah menyuruh peserta didik mencatat materi pelajaran (4) Karena faktor ekonomi sebagian peserta didik harus bekerja sehingga mereka tidak selalu dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan (5) Faktor lingkungan yaitu ajakan dari teman lain sebagai kelompok belajar yang suka bolos untuk membolos (6) Tujuan peserta didik tidak untuk belajar seutuhnya melainkan hanya untuk mencari ijazah semata. Pada prinsipnya mereka beranggapan bahwa keikutsertaan dalam proses pembelajaran ternyata tidak memberi arti atau manfaat. Dari hasil penelitian saran yang diajukan adalah (1) Pihak penyelenggara supaya dapat merancang program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik (2) Penyelenggara dan para tutor perlu mengikuti pelatihan-pelatihan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan program Paket B dan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa serta peningkatan variasi pembelajaran (3) Agar program dapat menarik dan memotivasi peserta didik maka perlu dilengkapi dengan sarana belajar keterampilan yang bermanfaat dan fungsional (4) Perlunya penambahan beberapa sarana media pembelajaran khususnya buku paket untuk menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item View Item