Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi pembuatan belahan di Program Studi Tata Busana / Azizatul Arrofyah

Arrofyah, Azizatul (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi pembuatan belahan di Program Studi Tata Busana / Azizatul Arrofyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arrofyah, Azizatul. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Pembuatan Belahan di Program Studi Tata Busana. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nurul Aini, M.Pd, (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si Kata Kunci : Pengembangan, Macromedia Flash, Pembuatan Belahan Pengembangan media pembelajaran untuk materi Pembuatan Belahan di Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Malang dilatar belakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam memahami pembelajaran berbagai jenis teknik pembuatan belahan, dikarenakan mahasiswa memiliki perbedaan kemampuan dan latar belakang pendidikan. Tujuan dari pengembangan media ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Macromedia Flash pada materi pembuatan belahan sebagai penunjang atau pelengkap media yang telah ada dalam pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan dalam mencapai tujuan di atas menggunakan metode Borg & Gall. Pengembangan dengan metode Borg & Gall dilakukan sebanyak 5 tahapan, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengenmbangan draf produk, (4) Uji Coba Lapangan Awal, (5) dan Merevisi Hasil Uji Coba. Kelayakan pada pengembangan media pembelajaran dinilai oleh dua ahli yang terdiri dari dua orang ahli materi dan satu orang ahli media. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada pencapaian pada uji lapangan yang dilakukan pada 12 mahasiswa Offering A dan B angkatan 2015 dan 2016 yang kemudian menjadi hasil akhir produk media sebagai media pembelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa: (1) hasil ahli materi dan ahli media adalah ÔÇ£sangat layakÔÇØ dengan persentase sebesar 90,18 % dan 94,32 %. Pada uji coba lapangan awal yang dilakukan oleh 12 mahasiswa didapatkan hasil sebesar 91,17 % dan termasuk kategori ÔÇ£sangat layakÔÇØ. Berdasarkan hasil dari para ahli dan uji coba mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash pada materi pembuatan belahan Program Studi Tata Busana dapat dinyatakan ÔÇ£sangat layakÔÇØ untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49215

Actions (login required)

View Item View Item