Studi tentang kompetensi yang dimiliki oleh pekerja Bagian Produksi di Tiff by Tifany Fabiola Malang / Dwi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kompetensi yang dimiliki oleh pekerja Bagian Produksi di Tiff by Tifany Fabiola Malang / Dwi Ratnasari

Ratnasari, Dwi (2018) Studi tentang kompetensi yang dimiliki oleh pekerja Bagian Produksi di Tiff by Tifany Fabiola Malang / Dwi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ratnasari Dwi. 2018. Studi Tentang Kompetensi Yang Dimiliki Oleh Pekerja Bagian Produksi Di Tiff By Tifany Fabiola Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (2) Agus Sunandar S. Pd M.Sn. Kata Kunci kompetensi pekerja bagian produksi SKKNI Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang berpotensial menjadi negara mode di dunia. Salah satu industri yang bermunculan adalah butik yang memiliki karakteristik jahitan dan penyelesaiannya lebih banayak dikerjakan menggunakan tangan ukuran busana mengunakan ukuran personal size. Pemilihan tenaga kerja yang kompeten akan menghasilkan produk yang baik dan menjadikan sebagai butik unggulan. Tiff by Tifany Fabiola merupakan butik yang ada di kota Malang yang memiliki keunggulan yaitu hanya memproduksi busana pesta jahitan sangat rapi baju yang dijual menggunakan ukuran personal size bahan yang digunakan berkualitas tinggi baju yang di produksi banyak digemari masyarakat khususnya kalangan menengah ke atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pekerja bagian produksi di Tiff by Tifany Fabiola Malang berpedoman pada kriteria unjuk kerja Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Custome Made No. 90 Tahun 2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian semua pekerja disemua bagian telah memiliki kompetensi yang sesuai dengan kriteria unjuk kerja Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Custome Made dimulai dari memotong bahan melakukan pengepressan menjahit dengan mesin menyelesaikan busana dengan jahitan tangan membuat hiasan pada busana serta melakukan penyelesaian akhir busana. Pada bagian desain mengukur tubuh pelanggan dan membuat pola tidak dilakukan oleh pekerja bagian ini di tangani langsung oleh pemilik perusahaan. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan sebagai berikut (1) bagi perusahaan perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan khususnya dalam membuat desain mengukur tubuh pelanggan dan membuat pola (2) bagi masyarakat Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja karyawan (3) bagi peneliti lain penelitian ini menjadi masukan serta referensi untuk mengetahui kompetensi pekerja bidang produksi di butik khususnya pada butik yang memproduksi gaun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49214

Actions (login required)

View Item View Item