Pengembangan media pembelajaran berbasis "power point" pada mata pelajaran pembuatan pola kertas kelas X Busana Butik di SMKN 1 Turen / Ahsri Oktafiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis "power point" pada mata pelajaran pembuatan pola kertas kelas X Busana Butik di SMKN 1 Turen / Ahsri Oktafiani

Oktafiani, Ahsri (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis "power point" pada mata pelajaran pembuatan pola kertas kelas X Busana Butik di SMKN 1 Turen / Ahsri Oktafiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktafiani Ahsri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola Kelas X Busana Butik di SMKN 1 Turen. Skripsi JurusanTeknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra. Nurul Aini M.Pd (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Power Point Pembuatan Pola Media pembelajaran yang digunakan di SMKN 1 Turen pada mata pelajaran Pembuatan Pola kelas X Tata Busana di SMKN 1 Turen adalah Power Point gambar diam hand out bantuan papan tulis serta gambar pola pada kertas berukuran besar. Berdasarkan observasi siswa lebih tertarik belajar menggunakan media Power Point dengan animasi garis dari pada dengan Power Point gambar diam. Selain itu menurut guru mata pelajaran Pembuatan Pola dengan adanya media ini guru tidak terlalu lelah ketika menerangkan dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Power Point pada mata pelajaran Pembuatan Pola kelas X Busana Butik di SMKN 1 Turen. Serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi siswa dapat lebih mudah memahami materi dan dapat belajar secara mandiri menggunakan media pembelajaran ini. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg Gall yang terdiri dari 10 langkah yang kemudian diadopsi menjadi 5 langkah yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal peneliti melakukan observasi awal pada saat Kajian Praktik Lapangan dan diperoleh hasil bahwa siswa lebih tertarik menggunakan media Power Point dengan animasi garis dari pada Power Point gambar diam. Data pada tahap ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari kritik dan saran guru mata pelajaran dan juga siswa kelas X Tata Busana (2) Perencanaan merumuskan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai yaitu media pembelajaran berbasis Power Point pada mata pelajaran pembuatan pola kelas X Tata Busana di SMKN 1 Turen mampu memotivasi siswa untuk belajar maka pada tahap ini data yang diperoleh adalah data kualitatif (3) Pengembangan format produk awal berupa pengembangan format produk awal atau draf awal kemudian membuat produk dan melakukan validasi kepada ahli materi dan melakukan revisi apabila ada revisi dari ahli materi kemudian validasi ahli media setelah itu melakukan revisi apabila ada revisi ahli media. Data yang diperoleh pada tahap ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket oleh ahli dimana pada angket tersebut ahli dapat memberikan skor nilai. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang diberikan oleh ahli (4) Uji coba awal dilakukan pada siswa kelas X Tata Busana 1 di SMKN 1 Turen. Data yang diperoleh dari tahap ini adalah data kuantitatif yaitu berupa skor nilai yang diberikan oleh siswa dengan cara pengisian angket dan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran. (5) Revisi produk melakukan revisi berdasarkan hasil uji coba awal. Data yang diperoleh pada tahap ini yaitu data kualitatif berupa kritik dan saran yang digunakan sebagai acuan untuk melakukan revisi produk. Hasil penilaian yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi adalah 98 13% dengan kualifikasi Sangat Valid penilaian dari validasi ahli media adalah 83.9% dengan kualifikasi Cukup Valid sedangkan dari hasil uji coba adalah 90 21% dengan kualifikasi Sangat Valid. Berdasarkan penilaian dari ahli materi ahli media dan uji coba maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Power Point pada mata pelajaran Pembuatan Pola dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran peneliti dalam pengembangan media pembelajaran lebih lanjut adalah diharapkan media pembelajaran ini tidak sebatas menggunakan aplikasi Power Point tetapi bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Flash Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator selain itu juga tidak hanya menjelaskan materi pembuatan pola dasar badan pola dasar lengan dan pola dasar rok namun juga menjelaskan materi yang lain seperti membuat pola Drapping pola busana anak dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49212

Actions (login required)

View Item View Item