Analisis tingkat kenyamanan lining chiffon cerutti pada basic dress brocade ukuran M ditinjau dari aspek thermo fisiologis dan sensorik / Dinda Santi Maharani

Maharani, Dinda Santi (2018) Analisis tingkat kenyamanan lining chiffon cerutti pada basic dress brocade ukuran M ditinjau dari aspek thermo fisiologis dan sensorik / Dinda Santi Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Santi Maharani, Dinda. 2017. Analisis Tingkat Kenyamanan Lining Chiffon Cerutti pada Basic Dress Brocade Ukuran M ditinjau dari Aspek Thermo fisiologis dan Sensorik. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd., (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd. Kata Kunci: Tingkat Kenyamanan, Thermo fisiologis, Sensorik, Basic Dress Brocade, Lining Chiffon Cerutti, Ukuran M. Busana adalah kebutuhan paling utama untuk setiap manusia. Saat ini konsumen modern lebih teliti dalam memilih suatu busana. Konsumen lebih tertarik pada busana yang tidak hanya indah dilihat, tetapi juga nyaman saat dikenakan. Kenyamanan dalam busana menjadi parameter kunci utama dari sebuah busana yang diciptakan. Para produsen busana semakin bersaing untuk menciptakan busana sesuai dengan keinginan konsumen. Kenyamanan sebuah busana dilihat dari segi fisiologis, psikologis dan keharmonisan fisik antara manusia dan lingkungan sekitar. Kenyamanan fisiologis berkaitan dengan kemampuan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup, kenyamanan psikologis berkaitan dengan kemampuan pikiran untuk tetap berfungsi dengan baik, dan kenyamanan fisik dari efek lingkungan secara eksternal pada tubuh. Bahan yang digunakan untuk membuat busana tersebut beraneka ragam. Salah satunya bahan chiffon cerutti, dalam perkembangan jaman bahan chiffon cerutti tidak hanya digunakan sebagai bahan gaun, blus, ataupun rok. Bahan chiffon cerutti saat ini digunakan untuk bahan lining. Dengan adanya chiffon cerutti yang digunakan sebagai bahan lining, peneliti ingin mengetahui tingkat kenyamanan thermo fisiologis dan sensorik dari lining chiffon cerutti. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kenyamanan lining chiffon cerutti pada basic dress brocade ukuran M ditinjau dari aspek thermo fisiologis dan sensorik. Penelitian ini dilaksanakan di Universitaas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa tata busana Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2014-2016 baik S1 maupun D3. Sampel penelitian berjumlah 6 orang yang menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian tentang analisis tingkat kenyamanan lining chiffon cerutti pada basic dress brocade ukuran M ditinjau dari aspek thermo fisiologis dan sensorik, pada sub variabel kenyamanan thermo fisiologis hal yang paling mempengaruhi variabel tersebut dalam menimbulkan rasa kenyamanan adalah difussion (difusi) dengan persentase sebesar 62,5%. Sedangkan pada sub variabel kenyamanan sensorik hal paling mempengaruhi dalam memberikan rasa nyaman adalah tickle (berbulu) dengan persentase sebesar 55%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah chiffon cerutti dapat digunakan sebagai referensi tambahan dalam proses pembelajaran dan proses praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49203

Actions (login required)

View Item View Item