Huda, Mohammad Irfaul (2014) Pengembangan kamus saku nahwu-shorof pada pembelajaran nahwu-shorof kelas 2 Awalihuah Madrasah Diniyah Nurul Huda Malang / Mohammad Irfaul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Huda Mohammad Irfaul. 2014. Pengembangan Kamus Saku Nahwu-Shorof Pada Pembelajaran Nahwu-Shorof Kelas 2 Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Huda Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Kamus Saku Nahwu Shorof Kamus Istilah Madrasah Diniyah Nurul Huda dalam melaksanakan pembelajaran nahwu-shorof sumber belajar yang digunakan adalah dari guru dan kitab kuning tanpa menggunakan media lainnya. Guru memberikan informasi berdasarkan dari kitab kuning yang digunakan. Dari metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh ustaz (guru madrasah) muncul masalah ketika santri lupa dengan arti dari suatu istilah ataupun santri ingin belajar sendiri dan menemukan istilah yang belum dimengerti. Padahal dalam ilmu nahwu-shorof terdapat sangat banyak istilah-istilah yang harus diketahui untuk kelancaran dalam belajar Bahasa Arab. Kamus Saku Nahwu-Shorof adalah kamus yang berukuran kecil yang di dalamnya memuat/ merangkum istilah-istilah dalam ilmu nahwu-shorof yang disertai dengan makna istilah tersebut. Kamus Saku Nahwu-Shorof dapat dijadikan solusi untuk permasalahan yang terjadi diatas. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kamus saku nahwu-shorof di Madrasah Diniyah Nurul Huda yang valid atau layak digunakan dalam pembelajaran nahwu-shorof. Dengan adanya media kamus saku ini diharapkan dapat membantu santri dalam belajar ilmu nahwu-shorof. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research Development (R D) dari Sugiyono. Dalam metode tersebut terdapat sepuluh langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Ujicoba produk (7) Revisi produk I (8) Ujicoba pemakaian (9) Revisi produk II dan (10) Produksi masal. Hasil pengembangan kamus saku nahwu-shorof ini memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli media (91 7%) ahli materi (83 3%) dan validasi siswa (76 3%). Pada uji coba melalui tes hasil belajar dengan 10 siswa yang dipilih secara acak untuk menggunakan kamus saku tersebut diperoleh persentase 100% memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil implementasi secara menyeluruh dapat disimpulkan bahwa produk kamus saku nahwu-shorof di Madrasah Diniyah Nurul Huda Malang adalah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran nahwu-shorof.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/492 |
Actions (login required)
View Item |