Studi tentang kompetensi pekerja industri busana berdasakan KKNI di CV Amarta Wisesa Malang / Desi Ma'rivatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kompetensi pekerja industri busana berdasakan KKNI di CV Amarta Wisesa Malang / Desi Ma'rivatika

Ma'rivatika, Desi (2017) Studi tentang kompetensi pekerja industri busana berdasakan KKNI di CV Amarta Wisesa Malang / Desi Ma'rivatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma rivatika Desi. 2017. Studi Tentang Kompetensi Pekerja Industri Busana Berdasarkan SKKNI di CV Amarata Wisesa Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Indutri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (2) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci kompetensi pekerja industri dan SKKNI Perkembangan industri di Indonesia saat ini sangat pesat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satunya industri garmen yang semakin berkembang dikarenakan hasil atau profit menjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pekerja industri busana berdasarkan SKKNI di CV Amarta Wisesa Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah pekerja pada bagian unit produksi. Sampel jenuh digunakan dalam penelitian ini karena responden kurang dari 100. Jumlah pekerja dibagian produksi 52 orang sehingga semua digunakan sebagai sampel. Skala pengukuran menggunakan skala Guttman. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari temuan penelitian ini diketahui bahwa pekerja industri busana di CV Amarata Wisesa Malang mempunyai kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia sektor Garmen proses produksi dimulai dari proses memotong bahan hingga quality control sesuai dengan prosedur kerja. Pada bagian membuat pola yang mengerjakan bukan pekerja melainkan pemilik perusahan karena pola merupakan hal yang paling penting pada pembuatan busana. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang ditulis peneliti yaitu (1) Perusahaan tetap menjaga kompetensi yang dimiliki dan sebagai tolak ukur agar dapat meningkatkan kinerja yang dimiliki oleh pekerja di perusahaan (2) Sebagai acuan untuk masyarakat agar mengetahui kompetensi yang dimikili pekerja industri busana khususnya di perusahaan CV Amarta Wisesa Malang (3) bagi peneliti lain penelitian ini menjadi masukan dan referensi untuk mengetahui kompetensi pekerja industri busana khususnya di bidang garmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49196

Actions (login required)

View Item View Item