Pemahaman guru mata pelajaran program keahlian tata busana terhadap ujian tingkat kompetensi (studi kasus di SMK Negeri 2 Boyolangu) / Sri Supatmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman guru mata pelajaran program keahlian tata busana terhadap ujian tingkat kompetensi (studi kasus di SMK Negeri 2 Boyolangu) / Sri Supatmi

Supatmi, Sri (2017) Pemahaman guru mata pelajaran program keahlian tata busana terhadap ujian tingkat kompetensi (studi kasus di SMK Negeri 2 Boyolangu) / Sri Supatmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supatmi Sri. 2017. Pemahaman Guru Mata Pelajaran Program Keahlian Tata Busana terhadap Ujian Tingkat Kompetensi (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Boyolangu). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci Pemahaman Ujian Tingkat Kompetensi Perubahan kurikulum menyebabkan terjadinya perubahan Standar Nasional Pendidikan salah satunya perubahan pada Standar Penilaian. Adanya perubahan standar penilaian menyebabkan guru merasa kesulitan dalam menerapkan penilaian yang baru. Berdasarkan hasil evaluasi pendampingan Kurikulum 2013 persentase tertinggi menunjukkan bahwa guru belum memahami ujian tingkat kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru mata pelajaran program keahlian tata busana terhadap ujian tingkat kompetensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari Ketua LSP-P1 Waka Kurikulum dan guru program keahlian tata busana. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data dimulai dari analisis sebelum di lapangan dan analisis di lapangan yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kegiatan penelitian dimulai dari tahap pra-lapangan kegiatan lapangan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Program Keahlian Tata Busana sudah memahami perencanaan pelaksanaan dan evaluasi ujian tingkat kompetensi karena SMK Negeri 2 Boyolangu sudah mengadakan sosialisasi ujian tingkat kompetensi. Namun sebagian guru belum memahami prosedur penilaian pada ujian tingkat kompetensi yang dilakukan pada setiap Kriteria Unjuk Kerja dan prosedur perbaikan nilai yang hanya dilakukan pada setiap Kriteria Unjuk Kerja yang dinyatakan belum kompeten dan dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan ujian tingkat kompetensi. Bagi Dinas Pendidikan agar mengadakan diklat asesor untuk menambah jumlah asesor sehingga mampu mencukupi kebutuhan asesor untuk ujian tingkat kompetensi. Bagi pihak SMK Negeri 2 Boyolangu agar melaksanakan sosialisasi kepada guru matapelajaran program keahlian yang belum memiliki sertifikat asesor terkait pelaksanaan ujian tingkat kompetensi terutama prosedur penilaian ujian tingkat kompetensi. Bagi guru matapelajaran program keahlian Tata Busana agar mengikuti sosialisasi ujian tingkat kompetensi untuk meningkatkan pemahaman tentang prosedur penilaian ujian tingkat kompetensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49195

Actions (login required)

View Item View Item