Survei prestasi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Rahmasari Wicaksaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei prestasi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Rahmasari Wicaksaningtyas

Wicaksaningtyas, Rahmasari (2017) Survei prestasi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Rahmasari Wicaksaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksaningtyas Rahmasari. 2017. Survei Prestasi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Nurul Hidayati S.Pd M.Sn. (II) Dra. Esin Sintawati M.Pd. Kata Kunci Prestasi Mahasiswa Mahasiswa Prestasi mahasiswa merupakan hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan diciptakan baik secara individual maupun kelompok yang telah mahasiswa capai. Survei prestasi merupakan suatu penelitian untuk memperoleh data mengenai prestasi bidang penalaran dan bakat minat yang diperoleh mahasiswa pada tahun 2013 hingga tahun 2015. Pendataan prestasi mahasiswa sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas mahasiswa guna perbaikan berkelanjutan program studi. Prestasi mahasiswa juga berguna sebagai salah satu elemen penilaian dalam keperluan akreditasi program studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data prestasi bidang penalaran dan keilmuan serta bidang bakat minat dan kegemaran mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian survei. Sampel pada penelitian ini adalah 259 mahasiswa angkatan 2011-2014. Uji validitas menggunakan validitas konstruk yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan dari dosen. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi mahasiswa bidang penalaran dan keilmuan berdasarkan skala penilaian matriks akreditasi termasuk dalam kategori sangat baik namun kuantitas atau jumlah prestasi masih terbilang rendah karena prestasi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana hanya terdapat 2 1% dari total perolehan perstasi bidang penalaran dan keilmuan universitas (2) prestasi mahasiswa bidang bakat minat dan kegemaran berdasarkan skalamatriks penilaian akreditasi program studi termasuk dalam kategori sangat baik namun secara kuantitas juga masih terbilang rendah dan masih banyak potensi mahasiswa yang belum terekam oleh lembaga/universitas (3) prestasi mahasiswa mengalami peningkatan dari tahun 2014-2015 dengan predikat sangat baik namun kuantitas perolehan prestasi masih perlu ditingkatkan. Saran yang dapat disampaikan adalah (1) ekstrakurikuler dan kegiatan perkuliahan diharapkan mampu bersinergi untuk memberikan peluang mahasiswa untuk berprestasi (2) bagi mahasiwa disarankan untuk menumbuhkan kreativitas dan produktifitas dengan lebih aktif mengikuti kegiatan kompetisi (3) bagi peneliti dapat menghasilkan penemuan tentang faktor rendahnya minat mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam mengikuti kegiatan pengembangan potensi bidang penalaran dan keilmuan serta bakat minat dan kegemaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49194

Actions (login required)

View Item View Item