Pengembangan media pembelajaran adobe flash pada materi menggambar wajah untuk kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Turen / Nur Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran adobe flash pada materi menggambar wajah untuk kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Turen / Nur Cahyaningrum

Cahyaningrum, Nur (2017) Pengembangan media pembelajaran adobe flash pada materi menggambar wajah untuk kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Turen / Nur Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum Nur. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash pada Materi Menggambar Wajah untuk Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK N 1 Turen. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih M.Pd (II) Dra. Idah Hadijah M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Adobe flash Menggambar Wajah Media pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Turen pada mata pelajaran Desain Busana materi menggambar wajah berupa media cetak yaitu berupa buku cetak dan modul. Kemampuan siswa memahami pembelajaran yang satu dengan yang lainnya berbeda sesuai dengan kemampuan dan pengalaman belajar siswa sehingga dapat menimbulkan persepsi yang berbeda juga terhadap materi yang disampaikan. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan adobe flash pada materi menggambar wajah wanita dewasa untuk siswa kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Turen sebagai penunjang pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran menggambar wajah didasarkan pada langkah-langkah pengembangan media menurut Sadiman yang terdiri dari 8 tahap yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat ukur (5) penulisan naskah media (6) test/uji coba (7) revisi dan (8) naskah siap produksi. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh 3 ahli terdiri dari satu dosen Teknologi Pendidikan satu dosen Tata Busana dan satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penilaian berdasarkan kelayakan isi dan penyajian. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada pencapaian pada tahap uji coba meliputi uji perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Uji perorangan bertujuan untuk mengetahui kepemahaman siswa secara terbatas berupa saran dan kometar yang kemudian dianalisis dan direvisi. Uji kelompok kecil dilakukan pada 12 orang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan akademik yang kemudian dianalisis dan direvisi untuk uji lapangan. Uji lapangan didilakukan pada 35 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk media sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi media materi dan bahasa mengatakan layak . Kelayakan pada uji kelompok kecil dengan 12 peserta didik sebesar 93% dan pada uji lapangan dengan 35 peserta didik sebesar 93% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari para ahli dan uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adobe flash menggambar wajah untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Turen dapat dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49183

Actions (login required)

View Item View Item