Kajian pengelolaan UKM Batik Jonegoroan berdasarkan bauran pemasaran / Imro'atin Nurul Mufakhomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian pengelolaan UKM Batik Jonegoroan berdasarkan bauran pemasaran / Imro'atin Nurul Mufakhomah

Mufakhomah, Imro'atin Nurul (2017) Kajian pengelolaan UKM Batik Jonegoroan berdasarkan bauran pemasaran / Imro'atin Nurul Mufakhomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufakhomah Imro atin.2017. Kajian Pengelolaan UKM Batik Jonegoroan Berdasarkan Bauran Pemasaran. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultasn Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata kunci Bauran pemasaran UKM Batik Jonegoroan UKM Batik Jonegoroan merupakan UKM yang memproduksi batik sentanya berada di Desa Jono Kecamatan Temayang dan berjumlah 13 UKM. Batik Jonegoroan merupakan batik yang tercipta dari lomba desain yang diadakan oleh pemerintah kabupaten pada tahun 2009 menghasilkan 9 motif dan kemudian berkembang menjadi 14 motif pada tahun 2012 hingga sekarng. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan UKM Batik Jonegoroan berdasarkan bauran pemasaran Permasalahan yang dibahas dipenelitian ini bauran pemasaran yaitu product price promotion placeterkait jasa pada usaha Batik Jonegoroan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha Batik Jonegoroan di Kabupaten Bojonegoro yang berjumah 13. Sampel pada peneitian ini adala 13 UKM Batik Jonegoroan yang berada di Desa Jono Kecamatan Temayang. Proses pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sample. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket tertutup dengan jumlah pernyataan 50 item yang terdiri dari 29 pernyataan positif dan 21 pernyataan negatif. Instrumen angket ini diuji validitas menggunakan validitas butir dan diuji cobakan pada 5 pemilik usaha Batik Jonegoroan dan dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-21. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar angket tertutup kepada responden proses pengumpulan data terdiri dari beberapa tahapan antara lain (1) tahap observasi (2) tahap penyusunan instrumen (3) uji coba instrumen (4) tahap menyebar angket (5) tahap tabulasi data (6) perhitungan (7) analisis. Hasil penelitian tentang UKM Batik Jonegoroan berdasarkan bauran pemasaran menunjukan bahwa (1) pada produck persentase tertinggi didapat pada indikator Desain. Desain batik yang dijual oleh pemilik usaha Batik Jonegoroan beraneka ragam karena setiap motif dikembangkan kembali menjadi beberapa desain yang baru. Hal ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk (2) pada price pemilik usaha Batik Jonegoroan menetapkan harga berdasarkan kesepakatan bersama agar terjadi keseragaman harga (3) pada promotion persentase tertinggi terdapat pada indikator promosi penjualan serta periklanan pemilik usaha memberikan potongan harga serta diskon untuk menarik minat konsumen serta memperkenalkan produknya melalui media cetak internet dan elektronik (4) pada place persentase tertinggi didapat di indikator persedian pemilik usaha menyediakan seluruh motif Batik Jonegoroan untuk memberikan banyak pilihan pada konsumen. Saran dari penelitian ini adalah sebagai pemilik usaha sebaiknya menerapkan bauran pemasaran pada produk yang diproduksi agar usaha tersebut dapat berkembang secara maksimal dan pemilik usaha harusnya mempromosikan produknya secara mandiri tanpa harus bergantung pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan serta pemilik usaha hendaknya melakukan kerjasama dengan banyak pihak agar memudahkan konsumen mendapatkan produknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49180

Actions (login required)

View Item View Item