Hubungan lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar warga belajar paket C PKBM Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Malang / Sholihatun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar warga belajar paket C PKBM Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Malang / Sholihatun Nisak

Nisak, Sholihatun (2012) Hubungan lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar warga belajar paket C PKBM Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Malang / Sholihatun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci lingkungan keluarga ketersediaan sumber belajar tingkat keberhasilan belajar. Fenomena yang ada di PKBM Tunas Harapan warga belajar yang mendapat perlakuan dan materi yang sama dari tutornya ternyata dalam evaluasi menunjukkan hasil atau nilai yang bervariasi dan kondisi lingkungan keluarga warga belajarnya berpendidikan rendah. Kebanyakan menamatkan pendidikannya pada pendidikan dasar dan bekerja sebagai buruh pabrik karena letak pabrik rokok yang dekat dengan lokasi. Selain itu kondisi gedung PKBM yang masih berstatus sebagai gedung balai desa. Lingkungan keluarga yang dimaksud dalam penelitian ini adalah semua orang yang tinggal dalam satu rumah. Sumber belajar di PKBM adalah fasilitas di PKBM. Tingkat keberhasilan belajar dilihat dari hasil ulangan dan raport. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut bagaimana hubungan lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM Tunas Harapan dengan tingkat keberhasilan warga belajar Paket C PKBM Tunas Harapan tahun pelajaran 2011/2012 Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah warga belajar Paket C PKBM Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 warga belajar dengan sampel total 35 warga belajar. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase uji normalitas dan linieritas korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil analisis menyatakan bahwa korelasi antara lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar terdapat hubungan yang signifikan dengan hasil perhitungan menunjukkan 0 451 terdapat hubungan yang searah. Berdasarkan hasil analisis maka ada beberapa saran sehubungan dengan hasil penelitian dan perlu diperhatikan oleh berbagai pihak antara lain (1) berdasarkan hasil penelitian ternyata didapat hasil ada hubungan lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar warga belajar olehkarena itu PKBM hendaknya lebih menggalakkan program peningkatan kepedulian keluarga warga belajar terhadap pendidikan (2) berdasarkan hasil penelitian ini ternyata ada hubungan lingkungan keluarga dengan tingkat keberhasilan warga belajar pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik olehkarena itu hendaknya keluarga warga belajar memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan anaknya dan (3) berdasarkan hasil penelitian ini ternyata ada hubungan ketersediaan sumber belajar di PKBM dengan tingkat keberhasilan belajar warga belajar pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik olehkarena itu tutor hendaknya lebih memanfaatkan sumber belajar yang ada sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item