Preferensi konsumen pada makrame di Desa Karangduren Pakisaji / Irva Widiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Preferensi konsumen pada makrame di Desa Karangduren Pakisaji / Irva Widiyawati

Widiyawati, Irva (2017) Preferensi konsumen pada makrame di Desa Karangduren Pakisaji / Irva Widiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiyawati Irva. 2017. Preferensi Konsumen Pada Makrame Di Desa Karangduren Pakisaji. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Anik Dwiastuti S.T. M.T (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci Preferensi Konsumen Makrame Makrame merupakan usaha kerajinan tangan berupa tas dan dompet yang berada di Desa Karangduren. Penelitian ini meneliti 4 kelompok usaha makrame di Desa Karangduren. Peneliti menemukan masalah dalam kelompok usaha tersebut. Permasalahan tersebut yaitu pengrajin mampu membuat makrame tetapi belum mengetahui cara memasarkan dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang ada perlu diketahui bagaiamana minat konsumen sehingga diketahui kesukaan konsumen terhadap produk tersebut. Masalah dari usaha makrame tersebut membutuhkan solusi yaitu perlunya meneliti tentang preferensi konsumen pada makrame di Desa Karangduren Pakisaji. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi konsumen pada produk makrame di Desa Karangduren Pakisaji. Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui dan memahami produk makrame sebagai respondennya. Sampel penelitian sejumlah 68 responden yang diambil berdasarkan tabel penentuan sampel dengan taraf kesalahan 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai keindahan pada produk tas makrame dipilih dan disukai karena atribut bentuk jadi yakni kesesuaian warna pada makrame kombinasi warna muda dengan warna tua dan jenis peggunaan tali tas yang indah yaitu tali simpul sedangkan pada produk dompet makrame nilai keindahan yang dipilih dan disukai karena bentuk jadi makrame kombinasi warna yang senada dan desain dompet berzipper. Nilai unik yang dipreferensikan terhadap produk tas dan dompet makrame terdapat pada hasil jadi makrame kombinasi dua simpul dan kesan garis vertikal serta garis zigzag sedangkan pada produk dompet makrame nilai unik terlihat dari hasil jadi makrame jumlah kombinasi dua simpul dan kesan garis zigzag. Kekuatan simpul yang kencang pada tas dan dompet makrame merupakan ukuran kualitas yang dipreferensikan dari nilai daya tahan. Sesuai dengan fungsi produk ukuran sedang lebih disukai pada tas dan dompet makrame dibandingkan ukuran kecil dan ukuran besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tas dan dompet makrame yang lebih disukai adalah produk N Handmade dibandingkan produk milik Bu Marmi sehingga dapat disarankan bahwa pengrajin produk Bu Marmi perlu meningkatkan unsur-unsur yang meliputi bentuk jadi kombinasi warna hasil jadi kombinasi jumlah warna tali kesan garis dan kekuatan simpul agar dapat bersaing dengan produk lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49176

Actions (login required)

View Item View Item