Studi teknik pembuatan draping gaun di Butik Alben Ayub Andal (AA18) / Liachikmatul Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi teknik pembuatan draping gaun di Butik Alben Ayub Andal (AA18) / Liachikmatul Fitri

Fitri, Liachikmatul (2017) Studi teknik pembuatan draping gaun di Butik Alben Ayub Andal (AA18) / Liachikmatul Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitri Liachikmatul. 2017. Studi Teknik Pembuatan Draping Gaun di Butik Alben Ayub Andal (AA18). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nurul Hidayati S.Pd. M.Sn. (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. Kata Kunci Draping Gaun Pesta Butik AA18. Alben Ayub Andal (AA18) merupakan salah satu butik yang memproduksi gaun pesta dengan teknik pembuatan pola draping yang telah dikembangkan oleh pemilik. Pembuatan pola draping biasanya menggunakan pola draft pada bahan belacu terlebih dahulu namun di butik AA18 langsung menggunakan bahan utama yang akan dibuat untuk gaun pesta yang langkahnya lebih mudah dan efisien tanpa melalui tahapan memperhatikan dan memperbaiki garis-garis hasil draping penyesuaian ukuran pola hasil draping tidak dilakukan secara matematis serta menggunakan kain dengan arah serat yang serong (true bias). Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan teknik pembuatan draping pada gaun pesta yang digunakan di butik AA18 menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil meliputi (1) Pembuatan draping gaun pesta di butik AA18 tanpa menggunakan pensil dan karbon jahit (2) Pembuatan gaun pesta menggunakan ukuran yang lebih simpel selain itu penyesuaian ukuran dilakukan secara sederhana langsung saat mendraping gaun pesta (3) Pembuatan gaun pesta tanpa melalui tahapan meneliti/memperhatikan garis pola hasil draping selain itu hasil draping tidak perlu dijiplak ulang ke bahan lain (4) Pembuatan gaun ditandai dengan cara di jelujur sehingga memudahkan proses selanjutnya yaitu menjahit gaun pesta (5) Pada proses fitting gaun bagian yang diperhatikan merupakan bagian-bagian yang paling terlihat bila digunakan oleh pemesan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan pembuatan draping gaun pesta cukup efisien waktu dengan berbagai strategi yang telah dikembangkan oleh pemilik butik meliputi (1) Bahan yang digunakan dalam proses mendraping langsung menggunakan bahan yang akan digunakan untuk membuat gaun pesta (2) Pemilihan arah serat bahan yang serong dapat mempermudah saat proses memfitting gaun (3) Pengambilan ukuran hanya mengambil ukuran yang penting (4) Proses penyesuaian ukuran dalam pembuatan gaun pesta dilakukan bersamaan dengan proses mendraping gaun pesta (5) Pembuatan gaun tanpa melalui proses memperbaiki garis-garis tanda pola (6) Bagian yang diperhatikan dalam proses fitting gaun juga lebih sedikit hanya bagian lingkar saja. Saran dalam penelitian ini (1) Bagi lembaga dapat digunakan untuk menambah kajian teori dalam pembuatan draping gaun pesta (2) Bagi pemilik usaha butik Alben Ayub Andal sebaiknya lebih banyak menciptakan dan mengembangkan strategi-strategi dalam membuat draping gaun pesta (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengeksplor teknik draping pada pembuatan busana-busana yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49172

Actions (login required)

View Item View Item