Preferensi konsumen pada produk "Fath Bordir" Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Andrianis Yovita - Repositori Universitas Negeri Malang

Preferensi konsumen pada produk "Fath Bordir" Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Andrianis Yovita

Yovita, Andrianis (2017) Preferensi konsumen pada produk "Fath Bordir" Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Andrianis Yovita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrianis Yovita. 2016. Preferensi Konsumen pada Produk Fath Bordir Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Anik Dwiastuti S.T M.T (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata Kunci Preferensi konsumen Produk Fath Bordir Industri kecil menengah di kecamatan Bangil. Produk bordir di daerah Bangil merupakan hasil karya masyarakat yang menjadi icon di Kabupaten Pasuruan merupakan usaha turun temurun yang harus dilestarikan. Mengingat kerajinan bordir yang harus dilestarikan perlu juga memperhatikan poin-poin yang berkaitan dengan preferensi konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memaparkan preferensi konsumen pada produk Fath Bordir Bangil meliputi (produk kerudung mukena baju koko lenan rumah tangga). Membentuk preferensi konsumen terhadap produk meliputi (variasi desain ukuran jenis bahan warna dan motif). Penelitian ini bermanfaat untuk menambah sumber belajar atau informasi mengenai preferensi konsumen bagi Jurusan Teknologi Program Studi Tata Busana Industri bagi Mahasiswa bagi Peneliti dan bagi Pengusaha dan Produsen Bordir khususnya di wilayah Bangil Kabupaten Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi minat konsumen pada produk Fath Bordir. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Fath Bordir sejumlah 70 konsumen. Teknik analisis data menggunakan accidental sampling. Uji validitasmenggunakan metode SPSS For Windoes 16.0untuk dapat mengukur hasil preferensi konsumen pada produk Fath Bordir di daerah Bangil. Hasil penelitian diketahui bahwa preferensi konsumen produk Fath Bordir berada pada kategori peminat produk bordir pada mukena yang paling tinggi. Hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa (1) banyaknya konsumen Fath Bordir menyukai produk dengan bahan cotton (2) tersedianya pilihan warna (3) desain yang ditampilkan (4) bordiran yang rapi (5) motif yang dipilih yaitu motif alam. Saran yang dapat disampaikan adalah (1)bagi Fath Bordir agar memenuhi kecenderungan pilihan konsumen harus selalu berinovasi terhadap motif dan desain untuk mengembangkan usahanya dan selalu menjadi pilihan konsumen (2) bagi para peneliti selanjutnya sebagai pengumpulan data tambahan untuk observasi dan wawancara dengan topik yang sama sehingga data ini menjadi lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49165

Actions (login required)

View Item View Item