Studi tentang batik Gandring Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Hanifah Nuzul Laila Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang batik Gandring Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Hanifah Nuzul Laila Isnaini

Isnaini, Hanifah Nuzul Laila (2017) Studi tentang batik Gandring Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Hanifah Nuzul Laila Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzul Laila Isnaini Hanifah. 2016. Studi tentang Batik Gandring Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci Batik Gandring Motif khas Warna khas Filosofi Batik Gandring Kecamatan Singosari merupakan salah satu dari sekian banyak industri batik yang ada di Kabupaten Malang. Proses pembuatan dan juga kegiatan yang dilakukan oleh industri Batik Gandring Kecamatan Singosari tidak jauh berbeda dengan industri batik tulis yang lain yang membedakannya dan yang menjadi ciri khasnya yaitu mengangkat dan menciptakan motif batik tentang potensi dari daerahnya sendiri yakni peninggalan sejarah kerajaan Singosari seperti candi patung dan benda bersejarah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif khas warna khas dan filosofi motif dan warna Batik Gandring Kecamatan Singosari Kabupaten Malang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan diperoleh data (1) Terdapat tiga motif khas pada Batik Gandring Singosari yaitu motif (a)Singhasari (b) Kasuranggan dan (c) Prajnaparamita. (2) Batik Gandring Singosari juga memiliki warna khas pada motif-motifnya yaitu. sogan putih kuning keemasan biru hijau dan ungu. (3) Motif Singhasari mempunyai filosofi tentang hubungan antara sesama manusia atau makhluk hidup lain dan hubungan manusia dengan tuhannya. Motif ini memiliki warna yaitu kuning keemasan melambangkan keagungan sogan memiliki arti kehangatan dan putih melambangkan kesucian. Motif Kasuranggan yang mempunyai filosofi tentang keindahan dan kekayaan alam yang ada di Kecamatan Singosari lebih tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Warna biru pada batik ini melambangkan kekayaan alamnya yaitu air yang melimpah hijau melambangakan kesuburan alam dan putih melambangkan kesucian. Motif Prajnaparamita yang menggambarkan seorang permaisuri raja yang cantik anggun dan cerdas. Warna putih dalam motif batik ini melambangkan kesucian ungu tua melambangkan keteguhan dan biru muda melambangkan kesetiaan Saran penelitian ini perlu ditindak lanjuti bagi pemilik Batik Gandring Singosari agar lebih mengembangkan desain motif yang telah ada dan juga lebih mengeksplor warna-warna batiknya. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengeksplor industri batik lain di berbagai daerah dan menggali informasi lainnya yang belum ada pada penelitian ini. Dinas terkait juga diharapkan memberikan sosialisasi pembuatan hak paten kepada para pengrajin batik di Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49160

Actions (login required)

View Item View Item