Studi tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran membuat piyama di kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Dharma Wanita Gresik / Rizki Mustiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran membuat piyama di kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Dharma Wanita Gresik / Rizki Mustiko

Mustiko, Rizki (2017) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran membuat piyama di kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Dharma Wanita Gresik / Rizki Mustiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustiko Rizki. 2016. Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Membuat Piyama Di Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Dharma Wanita Gresik. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Tutor Sebaya Mata Pelajaran Membuat Piyama Pembelajaran tutor sebaya adalah proses kegiatan belajar yang berpusat pada siswa dalam hal ini siswa belajar dari seorang tutor yang memiliki kepandaian lebih diantara siswa yang lain dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi yang telah disampaikan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Mata pelajaran membuat piyama merupakan pelajaran yang berkaitan dengan membuat desain busana pria membuat ukuran badan pria membuat pola merancang bahan memotong bahan menjahit busana pria dan finishing. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya belum dituangkan ke dalam RPP pemahaman siswa dalam menyerap materi masih kurang motivasi dan keaktifan siswa masih kurang dan nilai siswa dalam kegiatan praktek pembuatan piyama masih ada yang di bawah standar KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran membuat piyama di kelas XI jurusan busana butik SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa manusia yaitu peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua jurusan guru mata pelajaran membuat busana pria siswa kelas XI jurusan busana butik foto serta dokumen yang berupa buku jurnal penelitian dan dokumen resmi sekolah seperti profil SMK silabus RPP rekapitulasi nilai dan daftar nama siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanan pada pembelajaran tutor sebaya dalam mata pelajaran membuat piyama masih belum sesuai antara silabus dan RPP (2) pelaksanaan pada pembelajaran tutor sebaya di kelas XI busana butik yakni tutor selalu memberikan bimbingan dan bantuan terhadap 3 siswa yang dibimbing yang belum memahami materi membuat piyama sehingga nilai siswa menjadi meningkat di atas standar KKM yang telah ditentukan yaitu angka 8 dan (3) evaluasi pada pembelajaran tutor sebaya yakni guru melakukan penilaian jika semua siswa mengikuti mata pelajaran membuat piyama guru melakukan remidial berarti nilai siswa masih dinyatakan belum tuntas dalam mata pelajaran membuat piyama di bawah standar KKM 80 dan guru melakukan pengayaan berarti nilai siswa sudah dinyatakan tuntas dalam mata pelajaran membuat piyama di atas standar KKM 80.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49158

Actions (login required)

View Item View Item