Identifikasi hambatan mahasiswa tata busana dalam mempela-jari manajemen butik pada pelaksanaan praktik industri tahun 2015 / Kusnul Rosalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi hambatan mahasiswa tata busana dalam mempela-jari manajemen butik pada pelaksanaan praktik industri tahun 2015 / Kusnul Rosalia

Rosalia, Kusnul (2017) Identifikasi hambatan mahasiswa tata busana dalam mempela-jari manajemen butik pada pelaksanaan praktik industri tahun 2015 / Kusnul Rosalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosalia Kusnul. 2016. Identifikasi Hambatan Mahasiswa Tata Busana dalam Mempelajari Manajemen Butik pada Pelaksanaan Praktik Industri Tahun 2015. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Idah Hadijah. M.Pd (II) Agus Sunandar S.Pd. M.Sn Kata Kunci hambatan belajar pelaksanaan praktik industri manajemen butik Universitas Negeri Malang merupakan lembaga perguruan tinggi negeri yang bergerak di bidang pendidikan dan berperan penting dalam penyiapan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. Mahasiswa Teknologi Industri khususnya tata busana dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan harapan mampu menjadi mahasiswa yang kompeten di bidangnya salah satunya adalah dengan terlaksananya matakuliah Praktik Industri yang pada pelaksanaannya terdapat kegiatan belajar mengenai manajemen perusahaan dan produksi busana. Alumni D3 Tata Busana diharapkan akan menjadi wirausaha di bidang busana sementara alumni S1 Pendidikan Tata Busana diharapkan menjadi tenaga ahli di bidang pendidikan yang menguasai pengetahuan mengenai bidang busana termasuk didalamnya pengetahuan tentang manajemen usaha. Oleh karena itu kegiatan mahasiswa praktikan dalam mempelajari manajemen usaha di tempat PI sangat perlu dilakukan karena hal tersebut menunjang kompetensi sebagai supervisor serta pengelola usaha busana. Namun hasil penelitian mengenai pelaksanaan PI di jurusan Teknologi Industri menyatakan bahwa aspek yang dinilai belum efektif salah satunya adalah kegiatan umum yang meliputi aspek manajemen usaha karena belum maksimal dipelajari mahasiswa. Hal tersebut mengindikasikan adanya hambatan belajar bagi mahasiswa praktikan dalam mempelajari aspek manajemen usaha pada pelaksanaan PI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan mahasiswa tata busana pelaksana PI tahun 2015 dalam mempelajari manajemen butik pada pelaksanaan PI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pelaksana Praktik Industri tahun 2015 sejumlah 63 dan sample yang digunakan adalah keseluruhan populasi. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji validitas instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas konstruk oleh tiga orang ahli diantaranya koordinator Praktik Industri dosen pengajar matakuliah kependidikan Tata Busana serta dosen ahli di bidang pendidikan. Berdasarkan uji validitas konstruk dari ketiga ahli item instrumen pada kuesioner penelitian dapat dikategorikan sesuai dengan variabel terkait dan layak untuk digunakan sebagai instrumen penelitian dengan revisi. Uji reliabilitas dilakukan dengan uji coba pada duapuluh sample yang memiliki kriteria sama menggunakan formula Alpha Cronbach dan memperoleh skor 0.958. Kriteria reliabilitas instrumen untuk jumlah sample kurang dari 30 orang adalah 0.60 sehingga instrumen yang telah diuji dinyatakan reliabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mahasiswa praktikan dalam mempelajari manajemen butik pada pelaksanaan PI tahun 2015 memiliki hambatan yang rendah (80 95% mahasiswa). Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya mahasiswa dalam mempelajari manajemen butik. Saran bagi mahasiswa berkaitan dengan hasil penelitian tersebut diantaranya (1) bagi mahasiswa praktikan ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan diantaranya mahasiswa perlu saling memberikan semangat positif terhadap rekan praktikan agar tercipta lingkungan belajar yang positif mahasiswa perlu mempelajari lebih dalam mengenai ruang lingkup aspek-aspek manajemen usaha agar mahasiswa praktikan memahami dengan baik mengenai hal-hal yang harus dipelajari mengenai manajemen usaha di tempat PI mahasiswa perlu memanfaatkan waktu dengan efisien selama pelaksanaan PI sehingga kegiatan belajar mengenai aspek produksi busana serta aspek manajemen usaha dapat dilaksanakan secara maksimal mahasiswa perlu menumbuhkan motivasi dan minat dalam mempelajari manajemen usaha. (2) bagi peneliti selanjutnya penelitian mengenai hambatan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan kegiatan PI dapat dilakukan baik pada tempat berbeda maupun pada aspek berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49157

Actions (login required)

View Item View Item