Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Nenok Mitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Nenok Mitasari

Mitasari, Nenok (2017) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Nenok Mitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mitasari Nenok. 2016. Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pembuatan Kemeja Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri di Kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.(1) Dra.Nur Endah Purwaningsih M.Pd (2) Dra.Idah Hadijah M.Pd. Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja program busana butik. Program busana butik ditujukan untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan kompeten dalam bidang tata busana seperti menjahit mendesain busana dan bidang lain yang berkaitan dengan busana. Kegiatan belajar pembuatan kemeja dimulai dari membuat pola memotong bahan menjahit bahan dan finishing. Kegiatan menjahit kemeja merupakan kategori sulit namun walaupun dalam kategori sulit nilai siswa berada di atas KKM oleh sebab itu mata pelajaran pembuatan kemeja perlu diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busan industri. Ditinjau dari rumusan masalah maka penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa busana butik kelas XI yang berjumlah 63 siswa. Instrumen menggunakan angket. Skala pengukuran menggunakan skala Guttman. Uji validitas instrumen ini menggunakan rumus Product Moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR (Kuder Richardson )20 dan dianalisis menggunakan persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan pendahuluan yang dialaksanakan guru yaitu mempersiapkan siswa untuk belajar sehingga kondisi siswa sudah siap untuk mengikuti pelajaran dengan seksama. Kegiatan inti yang dilaksanakan yaitu guru mampu menguasai materi media pembelajaran metode pembelajaran memberikan tugas mengelola kelas memberi motivasi dan berperan sebagai narasumber sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar. Kegiatan penutup yaitu guru mampu merangkum materi bersama siswa mampu memberikan umpan balik sehingga siswa dapat mengetahui dimana letak kekurangan selama membuat kemeja dan guru mampu menyampaikan rencana pembelajaran untuk materi selanjutnya sehingga siswa dapat mempersiapkan untuk kegiatan belajar selanjutnya. Saran bagi guru diharapkan dapat mempertahankan dan menambah/melengkapi materi dan media pembelajaran pembuatan kemeja sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Bagi sekolah diharapkan dapat menfasilitasi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan praktek siswa busana butik agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti media pembelajaran agar lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49152

Actions (login required)

View Item View Item