Profil pemasaran Batik Pandan Arum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Yuniarisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pemasaran Batik Pandan Arum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Yuniarisma

Yuniarisma (2016) Profil pemasaran Batik Pandan Arum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Yuniarisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniarisma. 2016. Profil Pemasaran Batik Pandan Arum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M.Pd (II) Dra. Esin Sintawati M.Pd Kata Kunci Batik Profil Pemasaran Tajinan Profil pemasaran merupakan gambaran-gambaran tentang proses pemasaran yang sedang dijalankan oleh suatu tempat usaha. Pemasaran merupakan pilar penting dalam menjalankan usaha saat melakukan proses pemasaran segala usaha akan digunakan pemilik usaha untuk menarik minat konsumen yang akan bertahan dan bertambah dalam rentang waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang sedang berjalan pada usaha Batik Pandan Arum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik usaha penanggung jawab usaha Dinas Perindustrian dan Perdagangan foto serta dokumen berupa buku atau file yang menunjang penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan triangulasi perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan dilakukan untuk menjaga keabsahan data.Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data menyajikan dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Usaha Batik Pandan Arum didirikan oleh Ibu Sti Aslamiah pada akhir tahun 2010 di Desa Pandan Mulyo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang dan saat ini memiliki 22 karyawan. Usaha Batik Pandan Arum memproduksi empat jenis kain batik empat motif batik dan baju yang terbuat dari bahan batik dengan motif Batik Pandan Arum. (2) Tujuan Pemasaran Usaha Batik Pandan Arum belum dapat dilaukan secara maksimal sehingga tujuan pemasaran belum maksimal (3) Keterkaitan keempat komponen belum dapat menunjang proses pemasaran (4) Usaha Batik Pandan Arum secara tidak langsung telah melakukan segmentasi pasar dengan memberikan harga satuan produk yang bervariasi (5) Analisis pasar yang dilakukan Usaha Batik Pandan Arum belum dapat membaca tren pasar peluang ancaman dan daya tarik pasar (6) Strategi pemasaran Batik Pandan Arum belum dapat membantu untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pasar. Saran yang dapat diberikan untuk pemilik usaha adalah sebagai berikut (1) pemilik usaha sebaiknya membuat buku rekap penjualan dan keuangan agar mengetahui jumlah laba dan keuntungan yang ada di perusahaan (2) pemilik usaha lebih dapat memanfaatkan kegiatan promosi ditempat distribusi karena dapat dijangkau dan dapat dilihat lebih mudah oleh konsumen (3) pemilik usaha sebaiknya melakukan survey langsung kepada konsumen agar dapat lebih akurat untuk menganalisis keinginan dan kebutuhan konsumen (4) pemilik usaha sebaiknya memaksimalkan penggunaan media social instagram untuk menjaring konsumen yang lebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49136

Actions (login required)

View Item View Item