Survei kepemilikan busana batik pada mahasiswa Prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang /Beti Wulandria - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei kepemilikan busana batik pada mahasiswa Prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang /Beti Wulandria

Wulandria, Beti (2016) Survei kepemilikan busana batik pada mahasiswa Prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang /Beti Wulandria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandria Beti. 2016.Survei Kepemilikan Busana Batik Pada Mahasiswa Prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Hapsari Kusumawardani M. Pd (II) Nurul Hidayati S.Pd M.Sn KataKunci Survei Kepemilikan Busana Batik Mahasiswa Prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang Busana batik zaman sekarang sudah banyak modelnya terbukti dengan banyaknya variasi pada busana batik misalnya variasi pada lengan variasi pada kerah dll. Busana batik sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau tergantung jenis batik tersebut. Walaupun demikian ada juga remaja Indonesia yang tidak memiliki busana batik. Sikap para remaja seperti itulah yang tidak mencerminkan jiwa nasionalisme yang tinggi karena tidak lagi menghargai budaya sendiri dengan menjunjung tinggi identitas bangsanya sendiri. Kurangnya pemakaian busana batik juga terlihat di area kampus Universitas Negeri Malang khususnya di jurusan Teknologi Industri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemilikan busana batik pada mahasiswa prodi Tata Busana Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang yang masih aktif atau melakukan registrasi pembayaran SPP. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dengan jumlah pernyataan sebanyak 44 item. Instrument angket ini diuji validitas menggunakan validitas isi dan dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbact. Sebagian besar jenis busana batik yang dimiliki adalah blus/kemeja batik. Sedangkan bahan busana batik yang sebagian besar dimiliki oleh mahasiswa adalah katun. Pelengkap busana yang dimiliki oleh mahasiswa sebagian besar adalah milinaris (topi tas sepatu sandal jam tangan ikat pinggang dan milinaris lain ) dan sebagian besar jumlah busana batik yang dimiliki mahasiswa 8805 3-5 potong adalah rok/celana/dress batik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenakan busana batik pada waktu kuliah misalnya 1 hari dalam seminggu sehingga mahasiswa akan lebih mencintai batik dan akan terbiasa mengenakan busana khas Indonesia secara tidak langsung akan menambah koleksi busana batik mahasiswa apabila diberlakukan peraturan seperti itu. Jadi busana batik yang dimiliki lebih bevariasi. (2) Pengrajin atau pengusaha batik lebih bervariasi untuk membuat produk-produk fashion batik agar lebih diminati dikalangan mahasiswa sehingga mahasiswa akan lebih sering mengenakan busana batik berbagai kesempatan dan tetap tampil modern. (3) Mahasiswa diberi pengetahuan tentang motif-motif batik agar mahasiswa bisa membuat motif batik sendiri dan dapat mengenakan busana batik hasil karya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49135

Actions (login required)

View Item View Item