Tanggapan guru pamong terhadap program pelaksanaan lesson study mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 di SMK Negeri Program Studi Keahlian Tata Busana se-malang Raya / Mega Irma Pratama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan guru pamong terhadap program pelaksanaan lesson study mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 di SMK Negeri Program Studi Keahlian Tata Busana se-malang Raya / Mega Irma Pratama Sari

Sari, Mega Irma Pratama (2016) Tanggapan guru pamong terhadap program pelaksanaan lesson study mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 di SMK Negeri Program Studi Keahlian Tata Busana se-malang Raya / Mega Irma Pratama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Mega Irma Pratama. 2015.Tanggapan Guru Pamong terhadap Pelaksanaan Lesson Study mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 di SMK Negeri Program Studi Keahlian Tata Busana se-Malang Raya. Pembimbing (I) Dra. Rosanti Rosmawati M. Sn. (II) Dra. Nurul Aini M.Pd. Kata Kunci Tanggapan Guru Pamong Pelaksanaan Lesson Study Mahasiswa PPL Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mulai tahun 2013/2014 penyelenggaraan PPL Keguruan yang mencakup ketentuan dalam pelaksanaan PPL I dan PPL II pola pembimbingan dan penilaian PPL.Secara teknis perubahan tersebut meliputi meniadakan praktik diagnosis kesulitan belajar bidang studi siswa meniadakan studi manajemen pendidikan sekolah memberlakukan pelaksanaan PPL dalam kerangka Lesson Study serta mengurangi masa PPL dari 16 minggu menjadi 8 minggu efektif dengan rincian 2 minggu PPL I dikampus dan 6 minggu PPL II di sekolah praktikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan Guru Pamong terhadap pelaksanaan Lesson Studymahasiswa PPL II Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010sesuai dengan langkah- langkah riil yang wajib diterapkan pada PPL II UM dengan masa waktu PPL 2 minggu di kampus dan 6 minggu disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pamong di SMK Negeri Program Studi Tata Busana se Malang Raya sejumlah 8 Guru Pamong. Penelitian ini peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Uji coba di-lakukan kepada Guru Pamong di SMK Kartika V-1 Malang sejumlah2 Guru Pamong. Penelitian secara keseluruhan didapatkan hasil bahwa sebagian besar Guru Pamong di SMK Negeri Program Studi Tata Busana se Malang Raya sangat setuju terhadap pelaksanaan Lesson Study mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 yang sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan Lesson Study PPL UM sangat sedikit yang menyatakan setuju dan tidak ada responden yang menyatakan tidak setuju terhadap pelaksanaan Lesson Studymahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 yang sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan Lesson Study PPL UM. Diharapkan Guru Pamong lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Lesson Study terutama tentang merefleksi kegiatan see (refleksi pembelajaran) dengan mengikuti workshoop sosialisasi tentang Lesson Study yang diadakan tim pengembang PPL UM .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49128

Actions (login required)

View Item View Item