Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir / Pradita Dyah Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir / Pradita Dyah Fajarwati

Fajarwati, Pradita Dyah (2015) Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir / Pradita Dyah Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Pradita Dyah. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada mata kuliah bordir. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih M.Pd (II) Dra. Nurul Aini M.Pd Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Bordir Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Kuliah bordir bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir yang dapat digunakan sebagai penunjang/pelengkap pembelajaran media yang sudah ada yaitu berupa contoh gambar dan fragmen bagi mahasiswa di Jurusan Teknologi Industri Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Malang. Media pembelajaran tersebut berisi tentang definisi dan sejarah bordir perlengkapan meliputi alat dan bahan untuk membordir macam-macam tusuk/setik bordir beserta penjabaran langkah/teknik pembuatan tusuk/setik bordir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model prosedural penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Model ini meliputi 10 langkah tahap pengembangan yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Data ( Research and Information collecting) (2) Perencanaan (Planning) (3) Pengembangan Draft Produk (Develop Preliminary Form of Product) (4) Uji Coba Lapangan Awal (Preliminary Field Testing) (5) Merevisi Hasil Uji Coba (Main Product Revision) (6) Uji Coba Lapangan (Main Field Testing) (7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan (Operasional Product Revision) (8) Uji Pelaksanaan Lapangan (Operasional Field Testing) (9) Penyempurnaan Produk Akhir (Final Product Revision) (10) Diseminasi dan Implementasi (Dissemination and Implementation). Dari 10 langkah tahapan menurut Borg and Gall ini tidak semua dilakukan oleh peneliti akan tetapi peneliti hanya mengambil sampai langkah ke 5 hal ini dikarenakan peneliti masih dalam taraf peneliti pemula dan masih menempuh skripsi (mini thesis) selain itu karena karakteristik langkah pokok R D menurut Borg and Gall menjelaskan 4 ciri utama yaitu melakukan studi/penelitian awal untuk mencari temuan-temuan penelitian terkait dengan produk yang akan dikembangkan mengembangkan produk berdasarkan temuan peneliti tersebut uji coba lapangan dan melakukan revisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada tahap uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang divalidasi oleh ahli media ahli materi ahli bahasa dan 10 orang mahasiswa Program Studi Tata Busana angkatan 2012 dan diamati oleh 2 orang observer. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa persentase dan data kualitatif berupa tanggapan yang berisi komentar maupun saran dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran dari ahli media adalah 97 4% (layak) hasil validasi media pembelajaran dari ahli materi adalah 96 3% (layak) validasi media pembelajaran dari ahli bahasa adalah 92 6% (layak). Produk media pembelajaran pada mata kuliah bordir setelah direvisi kemudian diuji cobakan pada kelompok kecil. Hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil adalah 89 8% (layak). Berdasarkan hasil validasi dari ahli media validasi dari ahli materi dan validasi dari ahli bahasa serta uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun demikian diharapkan uji lapangan evaluasi dan revisi produk lebih lanjut tetap dilakukan. Agar media yang dikembangkan dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Kelebihan media pembelajaran ini adalah (a) Media pembelajaran audio visual ini dapat dibuka sewaktu-waktu dimana saja kapan saja dan dapat diputar berulang-ulang selama ada laptop/komputer. Sehingga mampu membantu peserta didik dalam memahami materi bordir secara individu dan mandiri. (b) Media pembelajaran audio visual ini selain dapat digunakan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang juga dapat dipelajari oleh masyarakat luas yang ingin belajar dan mengerti cara/teknik pembuatan macam-macam tusuk/setik bordir. (c) Meningkatkan motivasi dan perhatian mahasiswa untuk berkreasi dalam membuat macam-macam tusuk/setik bordir. Sedangkan kekurangan dari media audio visual ini adalah (a) Materi bordir yang dikembangkan masih terbatas pada 9 macam tusuk/setik bordir yaitu suji cair loncat granit sasak suji inggris richelie biji mentimun lompat jarum dan pecah kopi. (b) langkah pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata kuliah bordir ini hanya sampai pada tahap uji coba kelompok kecil dan hanya mengembangkan 5 dari 10 langkah dalam model pengembangan Borg and Gall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49106

Actions (login required)

View Item View Item