Motivasi belajar mata pelajaran desain dengan model jigsaw pada siswa tata busana SMKN 3 Malang / Tika Qoirul Lina - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar mata pelajaran desain dengan model jigsaw pada siswa tata busana SMKN 3 Malang / Tika Qoirul Lina

Lina, Tika Qoirul (2015) Motivasi belajar mata pelajaran desain dengan model jigsaw pada siswa tata busana SMKN 3 Malang / Tika Qoirul Lina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lina TikaQoirul. 2015. MotivasiBelajar Mata PelajaranDesainDengan Model Jigsaw PadaSiswaTata BusanaSMKN 3 Malang. Skripsi. JurusanTeknologiIndustriFakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. IdahHadijah M.Pd (II) Dra. HapsariKusumawardani M.Pd Kata kunci motivasibelajar model jigsaw Pembelajaranmerupakansesuatu yang pentingdalampendidikan. Segala yang berhubungandengan proses belajarharusdiperhatikandenganbaik sehinggatercapaitujuanpembelajaran. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpada SMKN 3 Malang diketahuibahwapembelajaranproduktifpadamatapelajarandasardesaincenderungmenggunakan model pembelajaranKonvensional. Padakegiatanbelajarmengajarsiswacenderungpasifsehinggapembelajaranterpusatpada guru. Dampak yang terlihatmotivasidanhasilbelajarkurangmemuaskan. Olehkarenaitu guru harusdapatmenciptakansuasanabelajar yang aktifsehinggamemotivasisiswauntukbelajar. Model pembelajarankooperatifJigsawmerupakanpembelajarankelompok yang mempunyaiduajeniskelompokyaitukelompokasaldankelompokahlidengankonseppembelajaran tutor sebaya yang salingmendukunguntukmenunjangkegiatanpembelajaran yang lebihvariatifdanbermakna. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahmotivasibelajarsiswapadamatapelajarandasardesainsetelahdiajarmenggunakan model Jigsaw di SMKN 3 Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif. Populasipenelitianadalahsemuasiswakelas X Jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang. Pengambilansampelinididasarkannilaipadakelas yang memiliki rata-rata samaatauhampirsamapadapelajarandesain. Instrumenpenelitian yang digunakanuntukmengumpulkan data adalahangktetertutup. Ujivaliditasmenggunakanvaliditasahlidanujireliabilitasmenggunakanbantuan SPSS 16. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdenganpersentase. Berdasarkanrumusanmasalahdanhasilpenelitian yang telahdilakukandiperolehkesimpulanyaitumotivasibelajarsiswapadamatapelajarandesainmenggunakan model jigsaw menunjukkanhasil yang sangatbaik. Sebelumpmebelajaranmenggunakan model jigsaw siswatermotivasiuntukbelajardesain setelahpembelajaranmenggunakan model jigsaw siswamenjadisangattermotivasiuntukbelajardesain. Hal inimenunjukkanbahwa model jigsaw mampumembuatsiswamenjadisangattermotivasidalampembelajaranpadamatapelajarandesain. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan yang telahada maka saran yang ditulispenelitiyaitu (1)bagi guru matapelajaranproduktif modelJigsawdapatmenjadialternatifdalampemilihan model pembelajaranuntukmatapelajarandasardesain. Selainitu model pembelajarankooperatiftipe jigsaw dapatmemberikanrangsangansiswauntukmengikutikegiatanbelajar di kelasdanmenumbuhkankompetensisiswauntukmengikutipelajarandariawaluntukmengikutipelajarandariawalsampaiakhir. Proses belajarmengajar yang baiktentunyaikutmempengaruhikompetensisiswapadamatapelajaratersebut dan(2)bagisekolah model Jigsaw dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajar dengandemikiansekolahdiharapkanbisamemberikanfasilitas yang memadaiuntukpembelajaran modelJigsawterhadapsetiapmatapelajaranterutamapadamatapelajaranpraktik di sekolahsehinggapadapelaksanaanpembelajarandapatlebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49100

Actions (login required)

View Item View Item