Pelakasanaan pembelajaran Life Skills bagi korban penyalagunaan napza (Studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur) / Cindy Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelakasanaan pembelajaran Life Skills bagi korban penyalagunaan napza (Studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur) / Cindy Wulansari

Wulansari. Cindy (2012) Pelakasanaan pembelajaran Life Skills bagi korban penyalagunaan napza (Studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur) / Cindy Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Life skills Rehabilitasi Sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA merupakan lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan berupa rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA. Dalam pelaksanaan pembinaan dan rehabilitasi UPT tersebut memberikan layanan pendidikan berupa pembelajaran life skills yang mencakup personal skills social skills dan vocational skills. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran life skills bagi korban penyalahgunaan NAPZA yeng terdiri dari program personal skills social skills dan vocational skills serta hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran life skills bagi korban penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dalam pengamatan dan triangulasi. Untuk kepentingan analisis data digunakan model interaktif Miles dan Huberman yang diawali dengan penumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran life skill bagi korban penyalahgunaan NAPZA terdiri dari tahap pendekatan tahap penerimaan tahap vocational assessment tahap bimbingan tahap resosialisasi tahap terminasi tahap pembinaan lanjut dan home visit. Pada tahap bimbingan terdapat pembelajaran life skills meliputi personal skills social skills dan vocational skills. Untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran life skills bagi korban penyalahgunaan NAPZA di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA maka ditetapkan komponen-komponen dalam pembelajaran meliputi pendidik peserta didik tujuan materi metode media dan evaluasi pembelajaran. Hambatan dalam pelaksanaan pembelajarn life skills tersebut disebabkan karena adanya penurunan alokasi dana pada tahun 2012. Dengan penurunan anggaran tersebut menyebabkan terjadinya penurunan jumlah peserta dari 100 orang menjadi 56 orang dan kurangnya sarana prasarana dalam pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian maka saran dari peneliti (1) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya menjalin mitra dengan pihak UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA sebagai tempat pembelajaran (magang) (2) Dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia pihak UPT sebaiknya menggunakan strategi lain dalam pelaksanaan pembelajaran untuk menyikapi keterbatasan tersebut sehingga klien tetap merasa nyaman saat mengikuti pembelajaran (3) Dapat dijadikan sebagai wawasan tentang penerapan Pendidikan Luar Sekolah di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA. Apabila peneliti lain bermaksud mengadakan penelitian yang berkaitan dengan judul penelitian ini hendaknya peneliti lain bisa memaparkan tentang model pelatihan yang diselenggarakan di lembaga tersebut.Dengan demikian kualitas penelitian selanjutnya akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item