Tingkat kepuasan siswa tata busana kelas XII pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang / Yananda Afrita - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kepuasan siswa tata busana kelas XII pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang / Yananda Afrita

Afrita, Yananda (2015) Tingkat kepuasan siswa tata busana kelas XII pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang / Yananda Afrita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afrita Yananda. 2015. Tingkat Kepuasan Siswa Tata Busana Kelas XII Pada Pelayanan Pendidikan di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Nurul Hidayati S.Pd. M.Sn (2) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata Kunci Kepuasan Siswa Pelayanan Pendidikan Proses pendidikan di sekolah dapat dikatakan berkualitas apabila dapat memberikan kepuasan pada siswanya. Segala aktivitas di dalam sekolah merupakan proses pelayanan jasa dan kewajiban utama sekolah adalah melayani sebaik-baiknya untuk menjamin kepuasan siswa. Salah satu tujuan SMK Negeri 3 Malang yaitu mewujudkan pengelolaan dan pelayanan yang bermutu untuk menjamin kepuasan stakeholders sesuai SMM ISO 9001 2000. Untuk mencapai tingkat kepuasan yang tinggi diperlukan adanya pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh siswa dengan mengembangkan komitmen setiap orang yang ada dalam lembaga untuk memenuhi kebutuhan siswa sebagai pengguna jasa pendidikan. Berdasarkan hal tersebut mengukur kepuasan siswa merupakan hal yang perlu dilakukan dalam perbaikan mutu kualitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa tata busana kelas XII pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa Tata Busana SMK Negeri 3 Malang kelas XII dengan jumlah 79 responden. Teknik pegambilan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Sedangkan cara penentuan ini mengacu pada tabel yang dikembangkan oleh Issac dan Michael. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup. Pada uji validitas menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan bantuan SPSS for windows versi 17.0 dengan analisis Cronbach s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang yakni (1) Keandalan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada pelayanan pendidikan berada pada kategori puas (2) daya tanggap guru dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori puas (3) kepastian guru dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori puas (4) empati guru dalam pelaksnaan pembelajaran berada pada kategori puas dan (5) tingkat kepuasan siswa pada pelayanan pendidikan di SMK Negeri 3 Malang berada pada kategori puas. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka saran yang diberikan adalah bagi siswa dapat memanfaatkan layanan pendidikan yang tersedia di SMK Negeri 3 Malang bagi guru datang tepat waktu dan senantiasa mampu membimbing siswa agar berkembang menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang serta bagi pihak sekolah menyediakan laboran untuk laboratorium praktik guna menunjang proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49097

Actions (login required)

View Item View Item