Tanggapan mahasiswa terhadap fungsi adobe flash sebagai media pembelajaran pada matakuliah teknik pembuatan busana II Program Studi D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang / Christian Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan mahasiswa terhadap fungsi adobe flash sebagai media pembelajaran pada matakuliah teknik pembuatan busana II Program Studi D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang / Christian Megawati

Megawati, Christian (2015) Tanggapan mahasiswa terhadap fungsi adobe flash sebagai media pembelajaran pada matakuliah teknik pembuatan busana II Program Studi D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang / Christian Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Megawati Christian.. 2014. Tanggapan Mahasiswa Terhadap Fungsi Adobe Flash Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Teknik Pembuatan Busana II Program Studi D 3 Tata Busana Universitas Negeri Malang.(I) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd (II) Dra. Rosanti Rosmawati M.Pd. Kata Kunci Adobe Flash Fungsi Media Tanggapan Media pembelajaran digunakan sebagai penghubung dalam menyam paikan suatu materi pembelajaran sehingga antara siswa dan guru memiliki persepsi yang sama tentang materi yang diajarkan karena siswa sebagai subjek pembelajaran memiliki perbedaan minat kemampuan pengalaman dan cara belajar. Penyajian data yang informatif bagi siswa diharapkan dapat mening kat kan kemandirian belajar siswa sehingga berdampak positif pada prestasi hasil belajar. Berdasarkan hasil interview dengan dosen pengajar pada Matakuliah Produktif TPB2 media pembelajaran yang berbasis teknologi guna memanfaat kan sarana dan fasilitas yang tersedia belum digunKn sebelumnya. Sementara itu ada hasil penelitian media pembelajaran dengan program Adope Flash yang telah dikembangkan oleh Susan Windi Spd (alumni S1 Pendidikan Tata Busana UM) berisi tayangan langkah-langkah kerja pem buatan pola kemeja berupa video interaktif yang memberikan pemahaman dari segi audio maupun visual agar mudah dipahami oleh siswa secara mandiri yang hanya di uji terapkan pada siswa SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap fungsi Adobe Flash sebagai media pembe lajaran pada mata kuliah Teknik Pembuatan Busana II dengan materi pembuatan pola kemeja pada pro gram studi Diploma 3 Tata Busana angkatan 2013 Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa D3 angkatan 2013 yang berjumlah 18 orang sehingga dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan analisis data persentase. Berdasarkan hasil analisis data da-pat diketahui bahwa mahasiswa D3 Tata Busana angkatan 2013 setuju dengan fungsi Adobe Flash sebagai media pem belajaran pada matakuliah Teknik Pem-buatan Busana II sub materi pem buatan pola kemeja dengan persentase 77 8% yang berarti media pembe lajaran Adobe Flash memberikan kontribusi positif dalam proses belajar mengajar pembuatan pola kemeja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa D3 Tata Busana angkatan 2013 memberikan tanggapan yang positif berarti media pem belajaran Adobe Flash memberikan kontribusi dalam proses belajar mengajar pembuatan pola kemeja karena dapat menarik perhatian memotivasi belajar dapat mempengaruhi sikap dan emosi mahasiswa serta mengakomodasi kelemahan mahasiswa dalam menerima materi karena faktor yang meliputi keterbatasan indra ruang dan waktu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan saran yang dapat disampaikan penulis dalam skripsi ini adalah (1) Bagi dosen pengajar matakuliah TPB II media pembelajaran dengan program Adobe Flash dapat digunakan sebagai alter natif media pembelajaran pembuatan pola kemeja guna mengoptimalkan sarana dan fasilitas yang tersedia.(2) Bagi dosen pengajar matakuliah yang berhubungan dengan matteri pembuatan pola kemeja dapat menggunakan media pembelajaran dengan program Adobe Flash sebagai alter natif media pembelajaran pembuatan pola kemeja (3) Bagi jurusan dapat digunakan sebagai referensi media pem-belajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan misi Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49091

Actions (login required)

View Item View Item