Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan keefektifan proses pembelajaran di Lembaga PAUD se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Dian Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan keefektifan proses pembelajaran di Lembaga PAUD se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Dian Puji Astuti

Astuti, Dian Puji (2012) Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan keefektifan proses pembelajaran di Lembaga PAUD se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Dian Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Sumber Belajar Keefektifan Proses Pembelajaran Sumber belajar merupakan salah satu aspek atau komponen yang terpenting dalam proses pembelajaran guna membantu meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia untuk menuju ke dalam kehidupan yang lebih baik. Dalam usaha meningkatkan kualiatas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran sebaiknya tidak melupakan satu hal yang sudah pasti keberadaannya yaitu bahwa peserta didik maupun pendidik harus banyak beriteraksi dengan sumber belajar. Yang menjadi sasaran dalam pencapaian hasil belajar dalam mencapai perubahan tingkah laku ada tiga ranah yaitu ranah kognitif ranah afektif dan ranah psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar manusia dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (2) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (3) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar mass media dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (4) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar alam lingkungan dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (5) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar alat pengajaran dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (6) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar museum dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik. Rancanagan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 responden. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar manusia dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (3) terdapati hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar media massa dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psiokomotorik (4) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dalam lingkungan dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (5) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar alat pengajaran dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik (6) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar museum dengan keefektifan proses pembelajaran dalam ranah kognitif afektif maupun psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang penelii ajukan adalah (1) Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh dalam keberhasilan belajar bagi peserta didik. Dapat dilihat dari segi pembelajarn teman pendidik serta media dan sumber belajar yang ada. Diharapkan Lembaga menyediakan dan memanfaatkan sumber belajar yang berasal dari media massa dalam lingkungan serta museum agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. (2) Pendidik sebagai pembelajar bagi anak juga sebagai penganti orang tua disekolah harus mampu memberikan pembelajaran yang baik bagi anak. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran diharapkan para pendidik PAUD dapat memanfaatkaan sumber belajar yang telah ada terutama sumber belajar media massa dalam lingkungan serta museum agar pembelajaran dapat berhasil baik dalam ranah kognitig afektif maupun psikomotorik. (3) Sebagai pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan permasalahan ini hendaknya PLS lebih memantau keadaan Lembaga PAUD dan memberikan pelatihan-pelatihan terutama mengenai tentang pembelajaran serta dalam upaya peningkatan mutu pendidik dan kependidikan bagi Lembaga PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item