Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran paket keahlian tata busana di SMK Negeri 3 Malang / Novia Nailatun Nufus - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran paket keahlian tata busana di SMK Negeri 3 Malang / Novia Nailatun Nufus

Nufus, Novia Nailatun (2015) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran paket keahlian tata busana di SMK Negeri 3 Malang / Novia Nailatun Nufus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nufus Novia Nailatun. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran paket Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Esin Sintawati S.Pd. M.Pd. (II) Hapsari Kusumawardani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci implementasi pendekatan saintifik pembelajaran paket keahlian tata busana Silabus RPP Implementasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah perancangan proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dikelas maupun di labolatorium. Implementasi disini merupakan implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini implementasi mencakup banyak hal mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 dilaksanakan. Subjek dari penelitian ini adalah SMK Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-eksplanatoris. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah (2) waka Kurikulum (3) guru pengajar Paket Keahlian Tata Busana (4) peristiwa pembelajaran atau kegiatan belajar-mengajar dan (5) berbagai dokumen tertulis. Prosedur analisis data terdiri dari telaah data redukdi data menyusun kategori temuan narasi deskriptif dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan pengamatan ulang triangulasi data dan kecukupan reverensi. Kajian kesinambungan antar silabus dan RPP dapat menjadikan patokan hasil penelitian karena silabus dan RPP mencakup semua proses belajar-mengajar mulai dari persiapan proses hingga evaluasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Paket Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang sudah dilaksanakan oleh guru. Secara umum pelaksanaan pendekatan saintifik yang dilakukan guru mengacu pada RPP. Kendala yang dialami untuk pengimplementasian pendekatan saintifik tersebut adalah budaya mengajar guru dan belajar siswa yang masih kuno dimana guru memberi dan siswa menerima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49080

Actions (login required)

View Item View Item