Kesiapan siswa SMK Negeri 3 Malang dalam menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) / Hafrida Noor - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan siswa SMK Negeri 3 Malang dalam menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) / Hafrida Noor

Noor, Hafrida (2015) Kesiapan siswa SMK Negeri 3 Malang dalam menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) / Hafrida Noor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noor Hafrida. 2014. Kesiapan Siswa SMK Negeri 3 Malang Dalam Menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Idah Hadijah Mpd (2) Dra. Esin Sintawati Mpd. Kata Kunci Kesiapan Siswa Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Kesiapan adalah keseluruhankondisiseseorang yang membuatnyasiapuntukmemberirespon/ jawabandengancaratertentuterhadapsuatusituasi yang harusdicapaiolehsiswauntukdapatmenerimasuatupelajaranbaru mencakupkesiapanataspenguasaanketerampilan-keterampilan yang lebihsederhanasebagaisyaratawal agar dapatmencapaitingkatan/ keterampilan yang lebihtinggi. sehingga dalam menghadapi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) siswa SMK Negeri 3 Malang perlu memiliki kesiapan berdasarkan kesiapan mental kesiapan fisik dan kesiapan materi (pengetahuan dan keterampilan siswa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mental siswa kls XII dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan bidang keahlian Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMKNegeri 3 Malang dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Tata Busana dengan jumlah populasi 90 siswa. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesiapan siswa SMKNegeri 3 Malang tahun ajaran 2013/2014 dalam menghadapi uji kompetensi kejuruan (UKK) sebagai berikut (1) kesiapan mental siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 55% dinyatakan siswa siap dalam menghadapi UKK. (2) kesiapan fisik siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 55% dinyatakan siswa siapn dalam menghadapi UKK. (3) kesiapan materi (pengetahuan dan keterampilan) siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 57% diyatakan siswa siap dalam menghadapi UKK. (4) kesiapan siswa secara keseluruhan dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan (UKK) sejumlah 53% diyatakan siap dalam menghadapi UKK. Saran yang terkait dengan kesimpulan (1) Sebagian besar siswa siap dalam menghadapi UKK siswa harus mempersiapkan semua kondisi semaksimal mungkin untuk pelaksanaan uji kompetensi kejuruan agar berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam menghadapi uji kompetensi kejuruan sehingga akan memberi kesiapan mental yang optimal. (2) Bagi lembaga diharapkan lebih meningkatkan pembelajaran yang intensif lagi tanpa ada kesiapan hasil belajar siswa tidak akan baik. namun jika siswa sudah siap maka hasil belajar akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49077

Actions (login required)

View Item View Item