Pola asuh orang tua berdasarkan pengalaman anak usia dini (studi fenomenologi pada peserta didik PAUD Zam Zam Malang / Faisan Amri Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orang tua berdasarkan pengalaman anak usia dini (studi fenomenologi pada peserta didik PAUD Zam Zam Malang / Faisan Amri Ramadhan

Ramadhan, Faizal Amri (2012) Pola asuh orang tua berdasarkan pengalaman anak usia dini (studi fenomenologi pada peserta didik PAUD Zam Zam Malang / Faisan Amri Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pola Asuh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pola asuh orang tua adalah hal yang paling penting dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tentang pola asuh orang tua berdasarkan pengalaman anak usia dini di PAUD Zam Zam. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif studi fenomenologi. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data fenomenologi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pola asuh berdasarkan pengalaman anak ada 3 jenis yaitu pola asuh permisif demokratis dan otoriter. Dari keenam anak mendapatkan penerapan pola asuh yang berbeda-beda. Itu dikarenakan orang tua mereka mempunyai pandangan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Orang tua mereka menginginkan anaknya setipe dengan orang tuanya. Pola asuh yang disukai anak adalah pola asuh demokratis. Dari keenam anak mengatakan pola asuh demokratis yang disukai. Pola asuh demokratis adalah pola asuh salah satu teknik atau cara mendidik dan membimbing anak dimana orang tua bersikap terbuka terhadap tuntutan dan pendapat yang dikemukakan anak. Pola asuh demokratis yang berparalel dengan prinsip-prinsip andragogi seperti memberikan kebebasan berpendapat untuk anak mendapatkan pengarahan dilakukan oleh dua belah pihak dan saling menolong adalah pola asuh yang disukai anak. Alasan anak menyukai pola asuh demokratis adalah anak merasa diperhatikan diberi pilihan dan diarahkan. Mereka merasa pola asuh demokratis tidak menyuruh-nyuruh tidak membentak bahkan diberi kebebasan penuh. Hal tersebut berpengaruh bagi teori andragogi yang tidak hanya berlaku untuk orang dewasa tetapi dapat pula diterapkan pada anak-anak. Karena anak-anak menyukai pola asuh yang sesuai dengan prinsip andragogi. Dari hasil penelitian saran yang diajukan peneliti yaitu (1) bagi praktisi (orang tua dan peserta didik) agar meningkatkan pemahaman tentang pola asuh. Peningkatan pemahaman tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan kepada anak. Diharapkan para praktisi baik orang tua maupun pendidik dapat memahami pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan anak sehingga proses perkembangan anak dapat terjadi secara maksimal bila penyampaian pola asuhnya sesuai dengan yang disukai anak-anak. (2) bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah diharapkan untuk dapat membantu memberikan pendampingan baik kepada pihak orang tua maupun pendidik untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pola asuh yang tepat kepada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item