Pengembangan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana tingkat XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Ana Isro Iliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana tingkat XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Ana Isro Iliani

Iliani, Ana Isro (2014) Pengembangan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana tingkat XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Ana Isro Iliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iliani Ana Isro. 2014. Pengembangan multimedia Interaktif Permutasi Bagian-Bagian Busana Pada Mata Pelajaran Desain Busana Tingkat XI Tata Busana Di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. (II) Dra. Idah Hadijah M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Permutasi Bagian-bagian Busana. Materi mendiskripsikan bagian-bagian busana merupakan materi pokok dalam mata pelajaran desain busana. Muatan materi yang cukup banyak pada kurikulum 2013 hanya dialokasikan waktu 4 jam pelajaran. Media pembelajaran yang memuat materi yang lengkap dan bisa membantu siswa dalam mempelajari materi dengan mudah dan menyenangkan perlu diadakan untuk membantu pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan. Tujuan daripada pengembangan media ini adalah untuk (1) menghasilkan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana untuk mata pelajaran desain busana Tingkat XI program keahlian tata busana (2) mengetahui kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli dan responden siswa dan (3) mengetahui keefektifan media yang dikembangkan berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa. Pengembangan media interaktif permutasi bagian-bagian busana didasarkan pada langkah-langkah pengembangan media menurut Sadiman yang terdiri dari 8 tahap yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur (5) penulisan naskah media (6) test/uji coba (7) revisi dan 8) naskah siap produksi. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh 5 orang ahli yang terdiri dari 2 dosen Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang satu guru Tata Busana satu guru Tehnik Komputer Jaringan serta seorang ahli bahasa dari guru Bahasa Indonesia dari SMK Negeri 3 Malang. Penilaian didasarkan pada kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Kelayakan media interaktif yang dikembangkan didasarkan pada pencapaian hasil belajar pada tahap uji coba meliputi uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran yang diberikan oleh ahli maupun siswa untuk perbaikan media yang dikembangkan. Data kuantitatif terdiri dari skor hasil belajar siswa dan penilaian terhadap media yang dikembangkan dan diidentifikasi menggunakan angket. Hasil pengembangan media interaktif permutasi bagian-bagian busana menunjukkan bahwa (1) media yang dikembangkan terdiri dari pendahuluan materi dan penutup berupa quiz. Media dirancang untuk belajar mandiri dan dikemas dalam bentuk CD atau disimpan dalam soft file yang disimpan dalam flashdisk (2) media layak dipergunakan dalam mata pelajaran desain busana pada Kompetensi Dasar mendiskripsikan bagian-bagian busana dan (3) media interaktif permutasi bagian-bagian busana efektif berdasarkan pencapaian hasil belajar. Kenaikan hasil belajar pada tahap uji perseorangan adalah sebesar 83% pada tahap uji kelompok kecil sebesar 50% dan pada tahap uji lapangan sebesar 36 %. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan media ini disarankan kepada guru dan siswa tingkat XI Tata Busana untuk digunakan pada materi mendiskripsikan bagian-bagian busana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49067

Actions (login required)

View Item View Item