Tanggapan mahasiswa Pendidikan Tata Busana tentang peran dosen pembimbing skripsi / Jarti Adaruni

Adaruni, Jarti (2014) Tanggapan mahasiswa Pendidikan Tata Busana tentang peran dosen pembimbing skripsi / Jarti Adaruni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adaruni, Jarti. 2014. Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Tata Busana tentang Peran Dosen Pembimbing Skripsi. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Agus Hery S.I., M.Pd, (2) Dra. Nurul Aini, M.Pd. Kata Kunci : Skripsi, Pembimbing Skripsi, Peran Dosen Pembimbing Skripsi.     Setiap Universitas menerapkan skripsi sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa dalam menyelesaikan program Sarjana. Penyusunan skripsi dibimbing oleh 2 dosen pembimbing, diawali dengan mencari permasalahan, kajian teori yang relevan, metode penelitian, hasil dan pembahasan serta kesimpulan akhir yang. Pada kenyataannya tidak sedikit mahasiswa mengalami kegagalan dalam proses penyelesaian skripsi. Hal ini terjadi karena dalam proses penyusunan skripsi biasanya akan ditemui berbagai hambatan, salah satunya adalah dosen pembimbing. Hambatan tersebut diantaranya karena dalam proses bimbingan, sering dosen pembimbing skripsi lebih berperan sebagai penguji awal daripada partner diskusi; pola bimbingan yang cukup beragam antara dosen yang satu dengan yang lain, sehingga membuat mahasiswa merasa bingung; dan mahasiswa memiliki perasaan takut dalam menghadapi dosen pembimbing saat proses bimbingan.     Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan mahasiswa Pendidikan Tata Busana Angkatan 2007, 2008 dan 2009 tentang (1) peran dosen pembimbing I, (2) peran dosen pembimbing II, dan (3) model pembimbingan kedua pembimbing skripsi yang terdapat pada program studi Pendidikan Tata Busana. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Busana angkatan 2007-2009 yang telah menyelesaikan skripsi yang berjumlah 74 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan convenience sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 50 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase.     Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa peran dosen pembimbing I berada pada kategori cukup tinggi (100%), dan peran dosen pembimbing II berada pada kategori cukup tinggi (87,5%). Model pembimbingan kedua pembimbing skripsi yang terdapat pada program studi Pendidikan Tata Busana adalah seimbang (64%). Kedua dosen pembimbing seimbang dalam menjalankan perannya sebagai organisator, fasilitator, inovator, teladan, evaluator, pemandu, konselor, dan motivator.     Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran dosen pembimbing I dan II pada Program Studi Pendidikan Tata Busana berada pada kategori cukup tinggi. Hal ini berarti bahwa dosen sudah melaksanakan perannya sebagai pembimbing skripsi dengan baik. Model pembimbingan yang terdapat pada Program Studi Pendidikan Tata Busana adalah seimbang. Kedua dosen pembimbing seimbang dalam menjalankan perannya sebagai organisator, fasilitator, inovator, teladan, evaluator, pemandu, konselor, dan motivator. Hal ini berarti bahwa terjalin kerjasama yang baik antara dosen pembimbing I dengan dosen pembimbing II dan juga rasa tanggung jawab yang sama antar dosen pembimbing.     Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti ajukan adalah (1) Diharapkan bagi Prodi Pendidikan Tata Busana hendaknya menyusun SOP pelaksanaan pembimbingan skripsi sehingga dapat memperjelas pembagian tugas antar pembimbing skripsi, (2) Diharapkan bagi dosen untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi kinerjanya dalam melaksanakan perannya sebagai pembimbing skripsi agar ketepatan waktu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi meningkat, selain itu mahasiswa dapat menghasilkan skripsi yang berkualitas dan permasalahan yang diangkat dalam penelitian dapat memberikan jawaban atau solusi dari fenomena yang sedang terjadi, (3) Bagi mahasiswa Pendidikan Tata Busana, hendaknya menyadari bahwa skripsi merupakan tanggung jawab mahasiswa sehingga diharapkan dapat merubah paradigma yang selama ini berkembang bahwa dosen pembimbing lah yang memiliki kontribusi terbesar dalam kegagalan penyelesaian skripsi, tetapi juga melihat faktor-faktor dari dalam diri mahasiswa itu sendiri, (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas variabel dan metode penelitian dengan menentukan jumlah sampel yang sama pada setiap dosen pembimbing. Selain itu juga diharapkan teknik pengambilan data tidak hanya dilakukan dengan penyebaran angket, tetapi juga dilakukan dengan teknik wawancara agar hasil penelitian lebih obyektif dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49054

Actions (login required)

View Item View Item